PENGEMBANGAN MODEL PENGALAMAN (EXPERIENTIAL) BERBASIS KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP

Tantri Rachmiati Utarja

Abstract


Penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran experiential berbasis kelompok ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi teks deskripsi. Selain itu, dengan berbasiskan kelompok belajar diharapkan peserta didik dapat saling bertukar pendapat mengenai hasil pengalaman konkret sesuai pengamatan yang dilakukan. Model pengalaman berbasis kelompok yang dikembangkan ini memiliki empat tahapan dalam pembelajarannya yakni tahap pengalaman konkret, tahap observasi dan refleksi, tahap konseptualisasi dan tahap pengalaman aktif atau penerapan. Model yang dikembangkan didasarkan pada teori pengalaman dan teori kelompok belajar. Selain itu, teori tersebut disesuaikan dengan fakta yang ada di lapangan mengenai model pembelajaran.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah penelitian meliputi studi pendahuluan, pengembangan model dan uji model.  Dalam setiap langkahnya peneliti menggunakan instrument penelitian seperti lembar wawancara, lembar observasi, angket validasi dan lembar tes. Analisis data yang dilakukan berdasarkan pengelompokkan data dengan analisis secara deskriptif maupun perhitungan. Berdasarkan hasil implementasi terhadap model experiential berbasis kelompok dalam pembelajaran teks deskripsi, dapat diketahui aktivitas guru menunjukkan hasil yang baik dalam menerapkan model experiential berbasis kelompok; aktivitas peserta didik menunjukkan sikap aktif dan sesuai dengan tahapan model; dan hasil uji coba yang diukur berdasarkan uji t terbukti signifikan. Oleh karena itu, model experiential berbasis kelompok ini efekti digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi di kelas VII SMP.

Keywords


model eksperimental, menulis teks deskripsi

References


Colin, & Wilson. (2006). Experiential LEarning a Best Practice Handbook for Educational Trainers. London and Philadelphia: Kogan Page.

Fathurrahman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning : Experience as The Source of LEarning and Development. Englewood: Prentice Hall.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praltik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i2.1742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan
execute(); ?>