PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK DENGAN TEKNIK PAPAN CERITA BERGAMBAR UNTUK SMA

Eka Susanti

Abstract


Melalui pengembangan bahan ajar menulis teks cerita pendek berdasaran teknik papan cerita bergambar dalam pembelajaran cerpen diharapkan dapat mengaktifkan dalam belajar, siswa akan terlatih menggunakan kemampuan berpikir dan bekerja sama dalam memecahkan masalah guna mencapai hasil yang maksimal.   Penelitian ini merupakan pengembangan atau Research & Development (R&D). Penelitian dan pengembangan merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan produk berupa bahan ajar menulis cerpen berdasarkan teknik papan cerita bergambar untuk siswa SMA kelas XI. Penulis telah melakukan penelitian di kelas XI-7 Mipa, yaitu kelas eksperimen tentang pengembangan bahan ajar menulis cerita pendek berdasarkan teknik papan cerita bergambar dalam pembelajaran cerpen dengan kelas berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, angket/kuesioner, telaah buku, tes tertulis dan observasi. Berdasarkan  hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen yaitu 58,62 sedangkan nilai rata-rata tes akhir adalah 79,25. Lain halnya dengan aktivitas siswa dalam pengembangan bahan ajar dengan teknik papan cerita bergambar yang dikategorikan baik dengan nilai probalititas 0,000 < nilai ᵅ (0.05), terdapat perbedaan yang signifikan yang menggunakan bahan ajar menyusun teks cerpen dengan teknik papan cerita bergambar. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar menulis teks cerita pendek dengan teknik papan cerita bergambar di SMA kelas XI efektif. Guru Bahasa Indonesia dapat menggunakan bahan ajar yang dibuat oleh guru, khususnya pada materi pelajaran mengidentifikasi struktur dan unsur pembentuknya. Pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran cerpen ini dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran.

Keywords


Bahan Ajar, Cerita Pendek (Cerpen) dan Papan Cerita Bergambar

References


Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Arikunto, 2006. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Borg, Walter R. And Meredith Damien Gall. 1983. Educational Research An Introduction. Fourth Edition. New York & London : Lungman.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gaya Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Penulisan Modul. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis : Sesuai dengan Kurikulum Satuan Pendidikan. Padang : Akademia Pendidikan.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta : Diva Press.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Bahasa. Yogyakarta : Adicita Karya Nusantara.

Rozak, Abdul. 2015. Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. DI Yogyakarta : Framepublishing

Sumardjo, Jakob. dan Saini. 2007. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharianto, S. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta : Widya Utama.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Ohio : Merill Prentice Hall.

Wijaya, Cece, dkk. 1988. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung : Remadja Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i2.1740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan
execute(); ?>