PENGEMBANGAN MODEL PAIKEM BERORIENTASI BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 CIREBON
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Amri, S dan Ahmadi K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budimansyah dkk. (2010). PAKEM. TT: PT.Raja Genesindo.
Darmansyah.(2011).Strategi Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Hutabarat, A.P. (2010). Menanam Benih Kata tentang Menulis Puisi. Lampung:Dewan Kesenian Lampung.
Iru dan Arihi. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan
Model-model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.
Jabrohim dkk. (2001). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jauhar, Muhammad. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Kontrukstivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Jauhari, H. (2013). Terampil mengarang: dari persiapan hingga presentasi dari karangan ilmiah hingga sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2001). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Khodijah. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Maulana, F.S. (2012). Apresiasi & Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung: Nuansa.
Pradopo.(2012). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Priyatni. (2012). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmanto, B. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Redaksi PM. (2012). Sastra Indonesia Paling Lengkap. Depok: Pustaka Makmur.
Rosdiyanto. (2007). Intisari Sastra Indonesia. Bandung. Pustaka ceria.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arif dkk. (2011).Media Pendidikan. Jakarta:PT. Grafindo Persada.
Sayuti. (2000). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Siswanto Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Gramedia.
Sugiarto, Eko. 2013. Cara Mudah menulis pantun, puisi, cerpen. Khitah Publishing.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sumardjo J. dan Saini (1986). Apresiasi Kesusatraan. Jakarta: PT Gramedia
Sutardi, K.H. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyadi. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter: Bandung. Rosdakarya.
Tarigan, H.G. (2011). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Uno, Hamzah. B & Mohamad Nurdin. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Waluyo.2003. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Warsidi, Edi. (2009). Pengetahuan tentang puisi. Bandung: Sarana Ilmu Pustaka
Wellek Rene & Warren Austin. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT
Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i1.1701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan