PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KADUGEDE

Iman Iman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan model inkuiri terbimbing, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan model inkuiri terbimbing, 3) untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran menulis karangan narasi, dan di kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekseprimen.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data adalah tes menulis karangan narasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh t hit (6,586) > t daf (1,67), maka terima Hi artinya bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) proses pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing, 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing, 3) model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan menulis karangan narasi.

Keywords


model pembelajaran berbasis masalah, model inkuiri terbimbing, menulis karangan narasi

References


Abbas, Muhamad. 2000. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi dan Prasetya. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia.

Arifin. (2002). Kajian Analisis Paragraf. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Damayanti, Nina. (2007). Analisis Pragmatik Wacana. Bandung : Pustaka Setia.

Dzamarah dan Zain. 2000. Strategi Pembelajaran di Kelas. Bandung. Permadi.

Hasanah. (2007). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi. Semarang.

Hasani. (2005). Panduan Menulis Untuk Pemula. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Heryadi, Dedi. (2009). Metode Penelitian Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Ibrahim dan Nur. 2005. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Kerap, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Mulyasa. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Nasir, Muhamad. (2003). Metode Statistika. Bandung. CV Permadi.

Nurgana, Endi. (1985). Statistika untuk Penelitian. Bandung. CV Permadi.

Nurhasanah. 2007. Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung : Pustaka Setia.

Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Semi. (2003). Paragraf (Alur pikiran dan kepaduannya dalam bahasa Indonesia). Yogyakarta : Andi Offset.

Sugiono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung : Alfhabeta.

Surakhmad, Winarno. 2008. Statistik untuk Penelitian. Surabaya : Kartika.

Suryanto. (2007). Karangan dalam Bahasa Indonesia. Surabaya : Indah.

Tarigan. Djago. (2008). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

Umaedi. 2002. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i1.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan
execute(); ?>