FUNGSI DIDAKTIS SASTRA DALAM PEMBINAAN AKHLAK MANUSIA

Penulis

  • Titiek Suyatmi Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jt.v1i2.1098

Kata Kunci:

pendidikan sastra, pembinaan, akhlak, humanitas, afektif

Abstrak

Karya sastra merupakan fakta historis yang berisi pemikiran manusia. Karena itu, pendidikan sastra memiliki posisi penting dalam pembinaan akhlak manusia. Melalui berbagai konstruk pemikiran dan ancangan pendekatan, pendidikan sastra dapat berfungsi sebagai sarana pembinaan akhlak manusia.

Pendidikan sastra yang dapat berperan seperti itu adalah pengajaran dan pendidikan sastra yang mengajarkan siswa tentang manusia, aspek-aspek humanitas nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra, dan bagaimana menghayati nilai-nilai tersebut. Pengajaran sastra seharusnya lebih menekankan aspek afektif dan bukan aspek kognitif.

Biografi Penulis

Titiek Suyatmi, Universitas Swadaya Gunung Jati

Mahasiswa

Referensi

Fatah, Amir. 1993. Pemikiran tentang Fungsi Didaktis dalam Kesusastraan. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Hardjana, Andre. 1991. Kritik Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Hirata, Andrea. 2006. Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang.

Ilyas, Yunahar. 2001. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).

Todorov, Tzvetan. 1985. Tata Sastra (Zaimar). Jakarta: Jambatan.

Unduhan

Diterbitkan

2018-04-05

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check