FUNGSI DIDAKTIS SASTRA DALAM PEMBINAAN AKHLAK MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.33603/jt.v1i2.1098Kata Kunci:
pendidikan sastra, pembinaan, akhlak, humanitas, afektifAbstrak
Karya sastra merupakan fakta historis yang berisi pemikiran manusia. Karena itu, pendidikan sastra memiliki posisi penting dalam pembinaan akhlak manusia. Melalui berbagai konstruk pemikiran dan ancangan pendekatan, pendidikan sastra dapat berfungsi sebagai sarana pembinaan akhlak manusia.
Pendidikan sastra yang dapat berperan seperti itu adalah pengajaran dan pendidikan sastra yang mengajarkan siswa tentang manusia, aspek-aspek humanitas nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra, dan bagaimana menghayati nilai-nilai tersebut. Pengajaran sastra seharusnya lebih menekankan aspek afektif dan bukan aspek kognitif.Referensi
Fatah, Amir. 1993. Pemikiran tentang Fungsi Didaktis dalam Kesusastraan. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Hardjana, Andre. 1991. Kritik Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Hirata, Andrea. 2006. Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang.
Ilyas, Yunahar. 2001. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).
Todorov, Tzvetan. 1985. Tata Sastra (Zaimar). Jakarta: Jambatan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.