EVALUASI BERBASIS KOMPETENSI KOMUNIKATIF

Penulis

  • Dede Endang Mascita Program Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Unswagati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jt.v1i1.1090

Kata Kunci:

Pengajaran bahasa, kompetensi, evaluasi, hasil belajar, proses belajar

Abstrak

Pengajaran bahasa Indonesia baik di SD, SMP, dan SMA tujuan akhirnya adalah terampil berbahasa yang dilengkapi dengan pengetahuan tentang bahasa. Karena itu prioritas evaluasi harus memprioritaskan pada kompetensi sosiolinguistik. Evaluasi tidak hanya pada segi pengetahuan tentang bahasa, tetapi memahami dan terampil memfungsikan bahasa sebagai alat komunikasi, baik dalam komunikasi lisan maupun tertulis. Pembelajar dapat menggunakan bahasa sesuai dengan lingkungan sosialnya. Pengukuran kompetensinya dapat dilakukan guru melalui tes hasil belajar dan proses dalam belajar.

Biografi Penulis

Dede Endang Mascita, Program Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Unswagati

Dosen Program Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Unswagati

Referensi

Azies dan Alwasilah. (2000). Pengajaran Bahasa Komunikatif : Teori dan Praktek. Bandung : Rosdakarya

Depdiknas. (2004). Bahasa dan Sastra Indonesia (Naskah Ujian Nasional). Jakarta: Depdiknas.

Huda, Nuril. (1999). Language Learning and Teaching: Isues and Trends. Malang: IKIP Malang Publisher

Suwandi, Sarwiji. (2003). Peranan Guru dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia Siswa Berdasarkan Kurikulum Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Pusat Bahasa.

Unduhan

Diterbitkan

2018-04-05

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2