PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v14i1.10887Kata Kunci:
Model Problem-Based Learning, Media Audiovisual, Teks AnekdotAbstrak
Penerapan metode dan alat bantu pembelajaran memiliki hubungan erat dengan hasil belajar siswa selama proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan model problem based learning dengan media audiovisual dalam pembelajaran tulisan teks anekdot untuk siswa kelas X. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kapetakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan melibatkan 25 siswa dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang dipakai dalam penelitian meliputi tes, observasi, dan wawancara.Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam studi ini adalah hasil dari tes awal dan tes akhir para siswa kelas X. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t manual. Dari hasil yang didapat pada tes pertama yaitu 63,52 dan hasil pada tes terakhir yaitu 82,24 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media audiovisual dalam pengajaran menulis teks anekdot terbukti efektif.
Referensi
Sugiyono. (2016). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Kosasih. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya
Mayora,dkk. (2018). “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Lemah Gumanti Kabupaten Solok.” 6 (2), 192-200. Padang: Universitas Negeri Padang.
Kurnia. (2015). “Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X IIS-4 SMAN 8 Makassar.” 9 (1), 72-84. Makassar: Unasman Makassar
Anggraini Ayu, dkk. (2021). “Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Berbasis Online Pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2020/2021.” 319-326.
Kediri: Universitas Nasional PGRI Kediri.
Aditya, PU. 2022. “ Media Video Stand Up Comedy Sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Peserta Didik Kelas X.” 3 (2),
-149. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Artajaya,dkk. 2023. “Penerapan Model Berbasis Masalah Dengan Bantuan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi.” 12
(1). 44-56. Denpasar: Universitas PGRI Mahadewa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Windi Alfiyani Putri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.