PENERAPAN MODEL PENEMUAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT SWAY DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS XI SMA

Penulis

  • Ari Suhari Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i1.10882

Kata Kunci:

Pembelajaran Penemuan, Microsoft Sway, Teks Cerpen

Abstrak

Penelitian berupa penerapan model penemuan dengan menggunakan media Microsoft Sway pada pembelajaran teks cerpen. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena penelitian menemukan keberlangsungan kegiatan pembelajaran yang tidak kondusif jika tidak diterapkan model dan media yang tepat. Oleh sebab itu penelitian penerepan model penemuan dengan menggunakan media Microsoft Sway dilakukan oleh penulis. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu apakah model pembelejaran penemuan dengan media Microsoft Sway dapat mempengaruhi aktivitas murid, efektivitas kegiatan pembelajaran dinilai dari hasil tesnya, dan juga mengetahui kemampuan murid dalam menulis teks cerpen. Metode yang digunakan adala eksperimen, dengan teknik pengambilan data berupa tes dan observasi. Sampel pada penelitian ini adalah murid SMA Negeri 5 Cirebon. Dari hasil yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas murid dalam pembelajaran teks cerpen dengan model penemuan bermedia Microsoft Sway berlangsung baik karena murid mempu mengikuti setiap langkahnya. Selain itu juga penerapan model penemuan dengan menggunakan media Microsoft Sway efektif karena mampu meningkatkan kemampuan dilihat dari tes akhir yang lebih tinggi dari tes awal. Keterampilan murid dalam menulis teks cerpen berdasarkan struktur dan kaidah bisa dikatakan cukup baik. Penggunaan model dan media yang tepat juga perlu diimplementasikan dengan agar mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan

Referensi

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Simarmata, J., et. al. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Agustin, M., Ibrahim, M., Kasiyun, S., & Ghufron, S. (2021). Keefektifan Penggunaan Microsoft Office Sway dalam Memengaruhi Motivasi Belajar Murid di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3250-3259.

Ardian, S., Hasanah, W. K., & Rana, F. I. (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2).

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Dewi, S. M., & Sobari, T. (2018). Pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah pada murid kelas xi smk citra pembaharuan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 989-998.

Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran menulis teks eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021-1028.

Fitria, V. N., & Lisdiana, L. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Jamur untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Murid Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 662-671.

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahamurid prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127.

Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik, 2(2), 67-86.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Murid Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.

Kodir. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka Setia.

Maemuna, F., & Pujiatna, T. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERPEN BERBASIS POWTOON SEBAGAI PENUNJANG LITERASI DIGITAL. PROSIDING BINA BASA V, 1(1), 10-15.

Mahsun, M., Mahyudi, J., & Sudirman, S. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 1287-1301.

Maryanti, D., Sujiana, R., & Wikanengsih, W. (2018). Menganalisis unsur intrinsik cerpen “katastropa” karya han gagas sebagai upaya menyediakan bahan ajar menulis teks cerpen. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(6), 787-792.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis murid SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahamurid Pendidikan, 1(1).

Musfiqon dan Nurdyansyah. PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nuryatin dan Irawati (2016) Buku Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model pembelajaran penemuan guna membentuk sikap peduli lingkungan pada murid sekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109-117.

Rozak, A., & Rasyad, S. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Frame-publishing.

Rulviana, V. (2022). Implementasi Microsoft Sway pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6931-6940.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Citation Check