PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN CANVA PADA KELAS XI SMKS NURUL HUDA LOSARI

Penulis

  • Silvia Dwi Suci Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i2.10846

Kata Kunci:

Bahan ajar, teks prosedur, canva

Abstrak

Penelitian yang telah penulis lakukan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar menggunakan canva tentang teks prosedur kelas XI pada SMKS Nurul Huda Losari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMKS Nurul Huda Losari Kabupaten Brebes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar yaitu dengan lembar penilaian ahli materi, ahli media dan angket respon siswa. Berdasarkan penilaian para ahli dan angket responden menunjukkan bahwa : (1) penilaian kevalidan bahan ajar menunjukkan kriteria “sangat valid” dengan persentase ahli materi 84,5%, persentase ahli media sebesar 89%, (2) penilaian respon siswa memberikan skor rerata 88% dengan kriteria “sangat valid”. Bahan Ajar Teks Prosedur dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran di kelas XI SMKS Nurul Huda Losari Kabupaten Brebes.

Referensi

Afdhaluzzikri Muhammad. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat. Banda Aceh: UIN Arranity Banda Aceh.

Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

DARYANTO, Daryanto. Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media, 2013, 9-23.

Efitri, Anita Oktariani. 2021. Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva pada Mata Pelajaran Fiqih di MTSN 1 SAWAHLUNTO. Batusangkar: IAIN Batusangkar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.

Komariyah, Dwi Pipit. 2021. Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Majid, Abdul. 2017. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pelangi, Garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Jurnal Sasindo Unpam Vol.8, No. 2.

Pratiwi, Utami. 2021. Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi Canva. Yogyakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Atwi. 2001. Mengajar di Perguruan Tinggi (Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum. Departemen Pendidikan Nasional.

Rohman, R. H. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Fisika Berwawasan SETS (Science Environment Technology Society) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-26

Citation Check