Pengaruh Anomali Pasar terhadap Return Saham Perusahaan LQ-45

Allan Moechamad Zaennoer Kasdjan, Nazarudin ., Junaedi Yusuf

Abstract


Abstract

The debate about the concept of efficient markets are still common among experts until now. However emerged a number of new studies which suggested market anomaly which is a deviation from the concept of efficient markets. One kind of market anomalies is most often observed seasonal anomalies in this study consisted of the day of the week effect, week four effect, and the January effect. This research aims to determine whether there are significant market anomalies on stock return. The unit of analysis in this study is the daily stock return data LQ-45 from the date of July 1st, 2013 to June 30th , 2014. The sample in this research is secondary data and selected by using purposive sampling method. The sample of this research consist of 37 companies listed in index LQ-45 consistently in the period July 1st, 2013 to June 30th, 2014. The analysis method of this research used regression analysis with dummy variable.The result of this research showed that the day of the week effect didn’t have negative significant effect to stock return, week four effect didn’t have negative significant effect to stocks return, and Jauary effect didn’t have positive significant effect to stock return.

Keywords: Day Of The Week Effect; Week Four Effect; January Effect; Stock Return; Market Anomaly.

 

Abstrak

Perdebatan tentang konsep pasar yang efisien masih umum di kalangan para ahli sampai sekarang. Namun, kemunculan pasar anomali yang merupakan penyimpangan dari konsep pasar yang efisien. Salah satu jenis anomali pasar adalah anomali musiman yang paling sering diamati dalam penelitian ini yang terdiri dari efek hari minggu, efek minggu keempat, dan bulan Januari Efek Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada anomali pasar (efek hari minggu, efek minggu ke empat, pengaruh Januari) terhadap return saham. Unit analisis dalam penelitian ini adalah data return saham harian LQ-45 Dari tanggal 1 Juli 2013 sampai 30 Juni 2014. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder dengan metode purposive sampling. Konsistensi LQ-45 pada periode 1 Juli 2013 sampai 30 Juni 2014. Metode analisis dalam penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini Pengaruh efek minggu ini tidak berpengaruh negatif terhadap return saham, pengaruh minggu ke empat tidak memiliki Efek negatif terhadap return saham, dan efek January tidak berpengaruh positif terhadap return saham.

Kata kunci: Day Of The Week Effect; Week Four Effect; January Effect;Stock Return; Anomali Pasar.


References


Akbar, I. (2009). Analisis Anomali Pasar Efisien Pada Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Saham-Saham Jakarta Islamic Index). Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Alteza, M. (2007). Efek Hari Perdagangan terhadap Return Saham: Suatu Telaah atas Anomali Pasar Efisien. Jurnal Ilmu Manajemen, 25(1), 31–42.

Ambarwati, S.D. A. (2009). Pengujian Week- Four, Monday, Friday dan Earnings Management Effect terhadap Return Saham. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 13, 1-14.

Arieyani, P. (2012). Efek Anomali Pasar terhadap Return Saham Perusahaan LQ- 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Bachelier, L. (2011). Louis Bachelier's theory of speculation: the origins of modern finance. Princeton University Press.

Bursa Efek Indonesia. (2015). Informasi Mengenai Indeks LQ-45 dan Pasar Modal. http://idx.co.id.

Fama, E. F. (1980). Agency Problems and the Theory of the Firm. Journal of political economy, 88(2), 288-307.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21 Update PLS Regresi (7th ed.). Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, A. (2015). Analisis Investasi dan Aplikasinya: dalam Aset Keuangan dan Aset Rill. Jakarta: Salemba Empat. Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. (8thed.). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Imandani, R. (2008). Analisa Anomali Kalender terhadap Return di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Iramani, R. & A. Mahdi. (2006). Studi tentang Pengaruh Hari Perdagangan terhadap Return Saham pada BEJ. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 63–70.

Lutfiaji. (2013). Pengujian The Day of The Week Effect, Week Four Effect, dan Rogalsky Effect terhadap Return Saham di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Maria, M., & Syahyunan.(2013). Pengaruh Hari Perdagangan terhadap Return Saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Prasetyo, H. (2006). Analisis Pengaruh Hari Perdagangan terhadap Return, Abnormal Return dan Volatilitas Return Saham (Studi pada LQ-45 Januari- Desember 2003). Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pratomo, A. W. (2007). January Effect dan Size Effect Pada Bursa Efek Jakarta (BEJ) Periode 1998-2005. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Riahi-Belkaoui, A. (2004). Accounting theory. Cengage Learning EMEA. Rita, M.R. (2009). Pengaruh Hari Perdagangan terhadap Return Saham: Pengujian Day of The Week Effect, Week Four Effect dan Rogalsky Effect di BEI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 121–134.

Saham Ok!. (2015). Informsi Daftar Perusahaan yang Masuk dalam Kelompok Indeks LQ-45 Dari 1 Juli 2013 sampai dengan 30 Juni 2014. http://sahamok.com/.

Saputro, A. P. (2014). Day of The Week Effect dan Month of The Year Effect terhadap Return Indeks Pasar. Jurnal Nominal, 3(2), 162–178.

Sekaran, U. (2014). Research Methods For Business. (4th ed.). Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, U. (2014). Research Methods For Business. (4th ed.). Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi–Teori dan Aplikasi Edisi Pertama.Yogyakarta: Kanisius.

Werastuti, D. N. S. (2012). Anomali Pasar Pada Return Saham: The Day of The Week Effect, Week Four Effect, Rogalsky Effect, dan January Effect. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 2(1), 1–18.

Widodo, P. (2008). Studi Tentang Pengaruh Hari Perdagangan terhadap Return IHSG Periode Januari 1997 sampai dengan Mei 2008. Jurnal National Conference on Management Research. Makassar.

Wijaya, H.,D., A.A., & Rini, A. (2014). Analisis January Effect pada Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen.

Yahoo! Finance. (2015). Data Historis Harga Saham Harian 1 Juli 2013 sampai dengan 30 Juni 2014. http://finance.yahoo.com/.

Yalcin, K.C. (2010). Market Rationality: Efficient Market Hypothesis Versus Market Anomalies. European Journal of Economic and Pilitical Studies, 3, 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jka.v1i1.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons Web Analytics Web Analytics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lt. 2 Gedung Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda No.32, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

execute(); ?>