Pengaruh Return on Equity, Net Profit Margin, dan Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing

Triya Mayasari, Yusuf ,, Agung Yulianto

Abstract


Abstract

 

One of the ways the company to develop its business, namely by means of expansion by making an Initial Public Offering (IPO). Interesting phenomenon at the time the company did an Initial Public Offering is the phenomenon of Underpricing. The phenomenon of underpricing is a phenomenon where the stock price is offered at the primary market is lower compared to the price of the stock when it was trading in the secondary market. The purpose of this study was to analyze the influence of Return On Equity (ROE), the Net Profit Margin (NPM) and the size of the company (Firm Size) of underpricing. The population in this research is the company that did the Initial Public Offering (IPO) in BEI 2013-2016 year. The selection of the sample in this study using a purposive sampling method and retrieved 54 samples of 82 companies who are doing an initial public offering in BEI 2013-2016 year. Methods of data analysis using multiple linear regression. The results of penenlitian showed that the Return On Equity (ROE) and the size of the company (Firm Size) effect on the IPO underpricing companies in Indonesia stock exchange. While the Net Profit Margin (NPM) has no effect on the company'S IPO underpricing on the Indonesia stock exchange.

Keywords: Underpricing, Return On Equity, Net Profit Margin, Firm size

 

Abstrak

 

Salah satu cara perusahaan untuk mengembangkan usahanya yaitu dengan cara ekspansi dengan melakukan Initial Public Offering (IPO). Fenomena menarik pada saat perusahaan melakukan Initial Public Offering adalah fenomena Underpricing. Fenomena underpricing merupakan fenomena dimana harga saham yang ditawarkan pada pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga saham ketika diperdagangkan di pasar sekunder. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Ukuran Perusahaan (Firm Size) terhadapunderpricing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukanInitial Public Offering (IPO) di BEI tahun 2013-2016. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 54 sampel perusahaan dari 82 perusahaan yang melakukan initial public offeringdi BEI tahun 2013-2016. Metodeanalisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) dan Ukuran Perusahaan (Firm Size)berpengaruh terhadap underpricing pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan Net Profit Margin (NPM)  tidak berpengaruh underpricing pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia.

Kata kunci: Underpricing, Return On Equity, Net Profit Margin, Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Arfandy, R.P., 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Perusahaan Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2012. Fakultas Ekonomi. Universiatas Jember.

Arman, Agus., 2012. Pengaruh Umur dan Ukuran Perusahaan, Reputasi Underwriter, dan Return On Equity Terhadap Tingkat Underpricing Saham di Bursa Efek Indonesia. Universiatas Kristen Satya Wacana.

Brigham, E.F., Houston, J.F., 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11, Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Fahmi, Irham., 2015. Analisis Laporan Keuangan, Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, Nor, 2015. Pasar Modal, Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.

Hapsari, V.A., Mahfud, M.K., 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana Di BEI Periode 2008-2010. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Junaeni, I., Agustian, R., 201. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering Di BEI. Perbanas Institute.

Kristiantari, I.D.A., 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. Universitas Pendidikan Ganesha.

Pahlevi, R.W., 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Prastica, Yurena., 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Penawaran Umum Saham Perdana. Unika Widya Mandala Surabaya.

Purbarangga, A., Yuyetta, E.N.A., 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Saham Perdana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Saputra, A.C., Suaryana, I.G.N., 2016. Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset dan Financial Leverage Pada Underpricing Penawaran Umum Perdana. E-Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

Tandelilin, Eduardus. 2014. Teori Portofolio dan Investasi. Kanisius Yogyakarta.

Van Horne, J.C.,Wachowicz, J.M. 2014. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi 13, Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jka.v2i1.1271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons Web Analytics Web Analytics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lt. 2 Gedung Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda No.32, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

execute(); ?>