Pengaruh Stabilitas Keuangan, Kondisi Industri, dan Tekanan Eksternal terhadap Kecurangan Laporan Keuangan

Didin Ijudien

Abstract


Abstract

The Financial Statement Fraud is an intentional mistakes aimed to deceive the users of the financial statements is ultimately detrimental to the users of the financial statements themselves. This research aims to analyze the influence of Financial Stability, Nature Of Industry and External Presure partially against the The Financial Statement Fraud on the company's industrial sector manufacturing consumer goods listed on the Indonesia stock exchange for the period 2013 up to 2016. The selection of the sample in this research was done using a purposive sampling method and retrieved 104 corporate data as sample. The data used are of financial reporting data auditan from the company published through the site www.idx.co.id and the official website of each company. Data analysis method used in this research is by using multiple linear regression. Before using regression analysis, then performed a classic assumption test first, which includes a test of normality, test multikolonieritas, autocorrelation test, and test heteroskedastisitas. Testing in this study performed using SPSS software version 23 for windows. The results of this research show that partially Financial Stability, Nature Of Industry and External Presure have no effect against the Financial Statement Fraud.


Keyword: Financial Stability, Nature Of Industry, External Presure and the Financial Statement Fraud

Abstrak

Kecurangan laporan keuangan merupakan suatu kesalahan yang disengaja bertujuan untuk menipu para pengguna laporan keuangan yang pada akhirnya merugikan penguna laporan keuangan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stabilitas keuangan, kondisi industri, dan tekanan eksternal secara parsial terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013 sampai dengan 2016. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 104 data perusahaan sebagai sampel. Data yang digunakan adalah data laporan keuangan auditan dari perusahaan yang dipublikasikan melalui situs www.idx.co.id dan website resmi masing-masing perusahaan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linear berganda. Sebelum menggunakan analisis regresi, maka dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu, yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial stabilitas keuangan, kondisi industri, dan tekanan eksternal tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

 

Kata Kunci: Stabilitas keuangan, kondisi industri, tekanan eksternal, dan kecurangan laporan keuangan


Full Text:

PDF

References


Aprillia, Orlin Cicilia, dan Rafaela Pratiwi Sergius. 2015. The Effectiveness of Fraud Triangle on Detecting Fraudulent Financial Statement: Using Beneish Model and the Case of Special Companies. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan 3 (3). http://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/view/6621.

Arens, A A et al. 2015. Auditing & Jasa Assurance Jakarta (Airlangga).

Barnas, Benny. 2009. Teori Keagenan Dan Manajemen Laba. Kajian Akuntansi 1 (1).

Iqbal, Muhammad, dan Murtanto. 2016. Analisa Pengaruh Faktor-Faktor Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Proferty Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional Cendikiawan 2016.

Jensen, M. C., and W. H. Meckling. 1976. “No Title. Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs, and Ownership Structure. Journal of Financial Econimics, 3 (4).

Khaiyat, M Dinul. 2016. “Indikasi Manjemen Laba Melalui Akrual Diskresioner Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia, 1 (2).

Martantya, dan Daljono. 2013. Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Melalui Faktor Risiko Tekanan Dan Peluang (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Mendapat Sanksi Dari Bapepam Periode 2002-2006). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro 2 (2): 112. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting.

Putriasih, Ketut, Ni Nyoman Trisna Herawati, dan Made Arie Wahyuni. 2016. Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2013-2015. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha 6 (3).

Rachmania, Annisa, Budiman Slamet, dan Lia Dahlia Iryani. 2017. “Analisis Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. 2 (2).

Rahmawati, Andini Dwirizki, Mohamad Rafki Nazar, dan Dedik Nur Triyanto. 2017. Pengaruh Faktor-faktor Fraud Triangle terhadap Financial Statement Fraud ( Studi Pada Perusahaan Sektor Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). -Proceeding of Management 4 (3): 271522.

Rosnidah, Ida, Noveria Susijawati, Adi Setiawan, dan Mada Purwanto. 2018. Pedoman Proposal Dan Skripsi Edisi Revisi 2018 Deepublish (Yogyakarta).

Sekaran, Uma. 2015. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi 4 Buku 1 Jakarta (Salemba Empat).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif Dan R&D Bandung (Alfabeta).

Sulistyanto, S. 2014. Manajemen Laba Teori Dan Model Empiris Edisi 2 Jakarta (Grasindo).

Susianti, Ni Kadek Dwi, dan Ida Bgs Anom Yasa. 2015. Pengaruh Variabel Fraud Triangle Terhadap Financial Statement Fraud Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 12 (4).

Ujiyantho, Muh Arief, dan Bambang Agus Pramuka. 2007. “Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Go Publik Sektor Manufaktur). Simposium Nasional Akuntansi X 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jka.v2i1.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons Web Analytics Web Analytics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Lt. 2 Gedung Universitas Swadaya Gunung Jati Jalan Pemuda No.32, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

execute(); ?>