Feel Experience Dan Think Experience Marketing Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Asti Hidayati, Siska Ernawati Fatimah

Abstract


Abstract: This study aims to determine the direct influence and indirect influence feel experience and think marketing experience of consumer loyalty through customer satisfaction as intervening variable. The research method used is quantitative method. The number of samples in this study as many as 100 respondents, the sampling technique using incidental sampling technique. Data retrieval technique using questionnaire. Data analysis technique is done by using path analysis (Path Analysis). The results of this study indicate that feel experience has a direct influence on consumer loyalty. Think marketing experience has an indirect effect on consumer loyalty.

 

Key Word: feel experience, think experience marketing, customer loyalty, customer satisfaction

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung feel experience dan think experience marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Teknik penarikan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa feel experience mempunyai pengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen. Think experience marketing mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas konsumen. 

 

Kata  kunci: feel experience, think experience marketing, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen


Keywords


feel experience, think experience marketing, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen

References


Alma, buchari. 2013. Manajemen pemasaran dan manajemen jasa. Bandung: Alfabeta.

Aptri, Citra. A.B., & Devilia Sari. 2013.Pengaruh Experiantial Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Mugijae Resto Ciwalk Bandung) Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Bisnis. Universitas Telkom

Dimyati, Mohamad. 2013. Peranan Experiential Marketing dan Kepuasan Pasien dalam Menciptakan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Jember

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23. ISBN : 979.704.015.1. BADAN PENERBIT UNIVERSITAS DIPONEGORO

Kusumawati, Andriani. 2011. Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas pelanggan (Kasus Hypermart Town Square (MATOS) Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya Malang

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Sangadji, E. M., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, fandy. 2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, fandy. 2012. Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Wahyu, Windyta Utami. 2013. Pengaruh Experiantial Marketing dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Mobil Honda Jazz di Yogyakarta. Jurusan Manajemen Pemasaran. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jibm.v1i2.868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen is published by Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

View My Stats
execute(); ?>