Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi Pada Politeknik Harapan Bersama

Bahri Kamal, Ghea Dwi Rahmadiane

Abstract


Abstract. This study aims to analyze the influence of students’ perceptions, accreditation of study program, and promotion toward students’decision to choose Accounting study program in Polytechnic of Harapan Bersama. This is a quantitative research with sampling technique based on questionnaire and interview. Population in this research is 545 Accounting students from the class of 2016 in Polytechnic of Harapan Bersama. The number of samples in this study amounted to 231 respondents calculated using Slovin formula. The analysis tool used in this research is Multiple Regression Analysis using SPSS. The result shows that students’ perception, accreditation of study program, and promotion have an effect on students’ decision and accreditation becomes the most influential variable to choose Accounting study program in Polytechnic of Harapan Bersama.

 

Keyword : Students’ perception; accreditation of study program; promotion

 

Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa, akreditasi prodi, dan promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Akuntansi pada Politeknik Harapan Bersama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama yang berjumlah 545 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 231 responden setelah dihitung menggunakan rumus Slovin. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa, akreditasi prodi, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Akuntansi pada Politeknik Harapan Bersama dan akreditasi prodi merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi Akuntansi pada Politeknik Harapan Bersama.

 

Kata kunci: persepsi mahasiswa; akreditasi prodi; promosi.


References


Armstrong, K. &. (2001). Prinsip Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multifariates dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kanuk, S. &. (2010). Consumer Behavior. New Delhi: Dorling Kindersley (India) Pvt. Ltd.

Kotler. (2003). Marketing Management . New Jersey: Prentice Hall Int'l.

Kotler, P. &. (2001). Prinsip Prinsip Pemasaran (Vol. 8). Jakarta: Erlangga.

Prasetyo. (2014). Dampak Kebijakan Akreditasi Perguruan Tinggi Terhadap Daya Saing (Competitiveness) Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Kebumen (Vol. 13). Jurnal Fokus Bisnis.

Shah. (2013). Factors influencing student choice to study at private higher education institutions (Vol. 21 (4)). Quality Assurance in Education.

Solomon. (2006). Consumer Behaviour A European Perspective. Prentice Hall Europe.

Tjiptono. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Verawati, D. (2016). Pengaruh Motivasi, Akreditasi Prodi, Fasilitas Pendidikan, Konsentrasi Jurusan Biaya Pendidikan dan Reputasi Pendidik Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Melanjutkan Magister Akuntansi. Surakarta: Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zain. (2013). Factors Influencing Studens's Decisions In Choosing Private Institutions of Higher Education. Malaysia: Asian Academy of Management Journal.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jibm.v1i2.866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen is published by Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

View My Stats
execute(); ?>