TANGGAP DOSIS NITROGEN DAN PEMBERIAN BERBAGAI MACAM BENTUK BOLUS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L)

Subandi Nur Thohari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis optimal pupuk nitrogen dan bentuk bolus yang efektif serta interaksi antara dosis pupuk nitrogen dan bentuk bolus terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah.

Penelitian dilaksanakan di desa Kebonagung Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2005.  Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakun faktorial 4 x 4 dan masing-masing perlakuan diulang tiga kali.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pertumbuhan dan hasil bawang merah tertinggi diperoleh pada dosis 135 kg/ha., 2).  Bentuk bolus ekstrak ferment 5 cc per tanaman menunjukkan pertumbuhan dan hasil tertinggi, dan 3). Kombinasi terbaik pada dosis nitrogen 135 kg/ha dengan bolus bentuk ekstrak ferment 5 cc per tanaman.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Christie, W. 1981. Lipid Metabolism in Rummant Animals. Departement of Biochemistry the Hannah Research Institute Ayr. Scotland.

Departemen Pertanian.1996. Pemupukan Berimbang. Proyek Pengembangan Penyuluhan Pertanian Pusat, Departemen Pertanian. Jakarta

Engelstad. 1997. Teknologi dan Penggunaan Pupuk. UGM Press. Yogyakarta.

Gardner, F.P. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Kertadisastra . 1997. Ruminantia, Penyediaan dan Pengolahan Pakan Ternak. Yayasan Kanisius. Yogyakarta.

Koster, W.G. 1990. Survei Eksplorasi Bawang Merah dalam sistem Pola Tanam Padi di Brebes Jawa Tengah. Balai Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Lembang. Bandung.

Lakitan, B. 1996. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta

Lingga.P.1995. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rofik, S., Basuki and Koster, W.G. 1989. Some Prelimunary Notes on the Internal and Exlernal Trade of Shallot. Int. Com. LEHRI/ATA - 395.

Setiawan. 1996. Memanfaatkan Kotoran Ternak. Penebar Swadaya, Jakarta

Suwandi. 1989. Bawang Merah dalam Bercocok Tanam Sayuran Dataran Rendah. Badan Penelitian dan Pengembangan PerUinian. Balai Penelitian Hortikultura Lembang. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>