PENGARUH PEMBINAAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP DINAMIKA KELOMPOK TANI

Kordiana K Rangga, Siti Aisyah, Ricky Purwandi, A Jaenudin

Sari


Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh secara parsial pembinaan penyuluh pertanian dalam membantu penyusunan RDK dan RDKK terhadap dinamika kelompok tani pada gapoktan Rukun Sawargi Desa Mandirancan, (2) pengaruh secara parsial pembinaan penyuluh pertanian dalam sistem kerja latihan dan sistem kerja kunjungan (LAKU) terhadap dinamika kelompok tani pada gapoktan Rukun Sawargi Desa Mandirancan, (3) pengaruh secara simultan pembinaan penyuluh pertanian dalam membantu penyusunan RDK RDKK dan pembinaan penyuluh pertanian dalam sistem kerja latihan dan sistem kerja kunjungan (LAKU) terhadap dinamika kelompok tani pada gapoktan Rukun Sawargi Desa Mandirancan.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober- Desember 2017, dengan menggunkan metode kuantitatif pada Gapoktan Rukun Sawargi, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengetahui informasi dari responden. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda, analisis uji t, analisis uji F dan koefisen determnisi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Adanya pengaruh secara parsial yang signifikan pembinaan penyuluh pertanian dalam membantu penyusunan RDK dan RDKK terhadap dinamika kelompok tani pada gapoktan Rukun Sawargi, (2) Adanya pengaruh secara parsial yang signifikan pembinaan penyuluh pertanian dalam sistem kerja latihan dan kunjungan (LAKU) terhadap dinamika kelompok tani pada gapoktan Rukun Sawargi, (3) Terdapat pengaruh secara simultan anatara pembinaan penyuluh pertanian dalam membantu menyusun RDK RDKK dan pembinaan penyuluh pertanian dalam Sistem Kerja Latihan dan Kunjungan terhadap dinamika kelompok tani pada Rukun Sawargi Desa Mandirancan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Faqih, Achmad. 2010. Dinamika Kelompok Tani Pantai Utara Jawa. Swagati Press: Cirebon

A.Faqih 2016. Model Pemberdayaan Kelompok Tani Tanaman Pangan Pesisir Pantai. CV Budi Utama. Yogyakarta

Departemen Pertanian. 2007. Modul Dinamika Kelompok. Deptan RI. Jakarta

Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang sosial. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Hariadi, S.S. 2007. Kelompok Tani sebagai Basis Ketahanan Pangan. Jurnal llmu-ilmu Pertanian. 3(2):79-86.

Kementrian Pertanian, 2007. Pedoman Pembinaan Kelompok Tani. Peraturan Menteri Pertanian No. 273. Tahun 2007. Jakarta.

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta, Sebelas Maret University Press

Nasution. 2016. Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. Bogor. Ghalia Press

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D : Alfabeta. Bandung.

Slamet, M. 2003. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor : IPB Press

Ul Chusna S, N.; Fajarianto, O. and Ahmad, A. (2020). Learning in Digital Literation.In Proceedings of the International Conference on Education, Language and Society - Volume 1: ICELS, ISBN 978-989-758-405-3, pages 551-553. DOI: 10.5220/0009005005510553

Wijaya. 2000. Statistik Non Parametrik (Aplikasi Program SPSS). ALFABETA. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>