Hubungan Faktor Internal dan Eksternak Kelompok dengan Tingkat Kemampuan Kelompok Tani (Kasus di Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon)

ACHMAD FAQIH

Sari


Penelitian dilakukan pada Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, dari bulan Juli sampai Desember 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara faktor internal kelompok dengan tingkat kemampuan kelompok tani, dan (2) hubungan antara faktor eksternal kelompok dengan tingkat kemampuan kelompok tani.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Satuan analisis penelitian adalah kelompok tani dan anggota kelompok tani. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani responden menggunakan daftar pertanyaan, dan data sekunder seperti keadaan umum wilayah dan lain-lain diperoleh dari instansi yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Untuk mengetahui variabel-variabel yang diteliti digunakan analisis data secara deskriptif dan kuantitatif, serta Uji koefisien korelasi jenjang Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan kuat dan nyata antara faktor internal kelompok dengan tingkat kemampuan kelompok tani, yang ditunjukkan dengan nilai rs = 0,684 dan thitung 7,149, dan (2) terdapat hubungan kuat dan nyata antara faktor eksternal kelompok dengan tingkat kemampuan kelompok tani, yang ditujukkan dengan nilai rs = 0,617 dan thitung 5,964.

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>