KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA TANI UBI JALAR TERHADAP PENDAPATAN TOTAL RUMAH TANGGA

I Ketut Sukanata

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Panawuan Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, dengan pertimbangan daerah tersebut merupakan salah satu penghasil ubi jalar yang cukup besar. Waktu penelitian dilaksanakan mulai dari bulan Januari sampai Maret 2000.Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Metode Studi Kasus. Objek penelitiannya yaitu variabel-variabel yang berhubungan dengan usahatani ubi jalar yaitu biaya, produksi ubi jalar, penerimaan dan keuntungan usahatani. Kesimpulan penelitian ini adalah  1)  Rata-rata pendapatan rumah tangga petani di kelompok tani Nurul Yakin sebesar Rp 2.076.994 per tahun, terdiri dari pendapatan usahatani ubi jalar sebesar                   Rp 1.054.241,  pendapatan usahatani diluar ubi jalar sebesar Rp 841.939, dan pendapatan dari kegiatan diluar usahatani sebesar Rp 180.814, 2) kontribusi pendapatan usahatani ubi jalar sebesar 50,76 %, pendapatan usahatani diluar ubi jalar sebesar 40,54 % dan pendapatan dari kegiatan diluar usahatani sebesar 8,70 % terhadap pendapatan total rumah tangga.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan pada daerah yang lebih luas lagi agar hasilnya bisa dijadikan gambaran untuk suatu daerah tertentu. Usahatani ubi jalar bisa dijadikan usahatani unggulan lokal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abas Tjakrawiralaksana. 1982. Usahatani dan Undang-Undang Pokok Agraria. Departe-men Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian IPB, Bogor.

Anwas Adiwilaga. 1982. Ilmu Usahatani. Penerbit Alumni. Bandung.

Fadholi Hernanto. 1981. Bahan Bacaan Pengantar Ekonomi Pertanian. Pendidikan Guru Kejuruan Pertanian Fakultas Politeknik Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Faisal Kasryno. 1984. Prospek Pengembangan Ekonomi Pedesaan Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Hayami dan Kikuchi. 1982. Ekonomi Pembangunan. Universitas Brawijaya. Malang.

Ida Nuraeni. 1994. Manajemen Usahatani. Universitas Terbuka. Jakarta.

Jalaluddin Rakhmat. 1999. Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mosher, A.T. 1991. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Yasaguna. Jakarta.

Mubyarto. 1977. Pengantar Ekonomi Pertanian. Lembaga Penelitian Pendidik-an dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES). Jakarta

Rustiedi Rukman. 1988. Diktat Manajemen Usahatani. Faperta Unpad.

Sinaga dan Benyamin White. 1979. Beberapa Aspek Kelembagaan di Pedesaan Studi Dinamika Survei Agroekonomi. Bogor.

Sudarsono Hadisapoetra. 1973. Biaya Dan Pendapatan Didalam Usahatani. Faperta UGM. Yogyakarta.

Suyanto. 1997. Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu Untuk Ubi Jalar. Andi Ofset. Yogyakarta

Totok Mardikanto. 1990. Pembangunan Pertanian. Usaha Nasional. Surabaya.

Teken, I.B. 1965. Penelitian di Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian dan Beberapa Metode Pengambilan Contoh. Percetakan Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>