HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL KELOMPOK TANI DALAM PENGELOLAAN KERUAHAN PRODUKSI BAWANG MERAH

Yoyo Sunaryo Nitiwidjaja

Sari


Faktor internal kemampuan kelompok tani mempunyai hubungan yang nyata dengan pengelolaan keruahan produk bawang bawang, artinya bahwa semakin dinamis kelompok tani dalam kegiatannya akan semakin mampu memanfaatkan fungsi tataniaga tingkat desa seperti pengangkutan, pembersihan, sortasi dan sebagainya, sehingga keuntungan tataniaga dapat diterima oleh kelompok tani. Sementara itu, faktor eksternal kelompok tani tidak memiliki hubungan yang nyata dengan pengelolaan keruahan produk bawang merah, artinya semakin lemah hubungan kelompok tani dengan lembaga tataniaga, lembaga keuangan, koperasi dan sebagainya akan semakin sulit memperoleh keuntungan dari tataniaga bawang merah di luar desa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pertanian. 1998. Pembangunan Pertanian Sebagai Pendukung Industri Maju. Departemen Pertanian, Jakarta.

Departemen Pertanian Tanaman Pangan dan Horti-kultura. 1999. Laportan Tahunan Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan. Dinas Pertanian Kapupaten Kuningan, Jawa Barat.

Saefudin Baharsyah. 1994. Kebijaksanaan Penyuluhan Pertanian Dalam Pelita IV. Departemen Perta-nian, Jakarta.

Wasrob Nasrudin. 1996. Tataniaga Pertanian. Univer-sitas Terbuka. Jakarta.

Yoyo Sunaryo. 2001. Pengelolaan Keruahan Produksi Bawang Merah Melalui Pendekatan Kemitraan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya

.Zulkifli Azzaino. 1981. Pengantar Tataniaga Per-anian. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian IPB, Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>