STUDI PENGEMBANGAN PERTANIAN TANAMAN PANGAN DI KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON

A. Jaenudin

Sari


Lahan pertanian dan keterbatasan air merupakan fenomena dasar dalam suatu pengembangan pertanian tanaman pangan.  Lahan pertanian yang ada  terus mengalami penyusutan, karena tergeser oleh aktivitas non pertanian.  Di samping itu permasalahan produksi, pascapanen, distribusi, dan pemasaran masih sering terjadi akibat lemahnya dukungan sarana dan prasarana pertanian, sehingga  kurang berhasil mewujudkan sistem agribisnis yang baik  yang pada gilirannya gagal menaikkan pendapatan petani.  Oleh karena itu, dukungan sarana dan prasarana  pertanian perlu untuk dikembangkan dalam  suatu rancang bangun pengembangan pertanian tanaman pangan yang komprehensif.

Studi ini menggunakan pendekatan penelitian triangulasi, yaitu gabungan antara metode kuantitatif (teknik pengambilan datanya adalah non survei) dengan kuantitatif (teknik pengambilan datanya menggunakan teknik survei).  Untuk menghitung kelayakan pengembangan tanaman pangan digunakan pendekatan kelayakan dari aspek teknis dan financial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) program pengembangan pertanian tanaman pangan di Kecamatan Beber dapat meningkatkan intensitas penanaman, produksi, produktivitas dan pendapatan usahatani pertanian tanaman pangan, (2) secara aspek teknis dan aspek financial program pengembangan pertanian tanaman pangan melalui optimalisasi  lahan sawah dan pengadaan sarana dan prasarana pertanian di Kecamatan Beber dapat dikatakan layak untuk dikembangkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Choliq, A., Wirasasmita, R. dan Hasan, S. 1996. Pionir Jaya, Bandung

Dawam Rahardjo, M. 1989. Transportasi Perta-nian, Industrialisasi dan Kesempatan Kerja. UI Press, Jakarta.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Cirebon. 2003. Petunjuk Teknis Budidaya Tanaman Pangan dan Perkebunan. Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Cirebon, Cirebon..

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Cirebon. 2004. Laporan Tahunan Perkem-bangan Pertanian Tanaman Pangan. Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Cirebon, Cirebon.

Dinas Pertanian Tanaman Provinsi Jawa Barat. 1984. Kebijaksanaan Menteri Pertanian. Kegiatan Penyuluhan Pertanian. Petunjuk Teknis Budidaya Tanaman Pangan dan Per-kebunan. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Faisal Kasryno. 1984. Prospek Pembangunan Ekonomi Pedesaan Indonesia. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Suad Husnan dan Suwarsono. 1992. Studi Kelayakan Proyek. Edisi Ketiga. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Syarifudin Baharsjah. 1992. Pengembangan Agribisnis dan Agroindustri Di Indonesia. Departemen Pertanian, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>