STRATEGI USAHA PERDAGANGAN BERAS (Kasus di PD. BERAS ANDA Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon)

Kurniawan Kurniawan, I Ketut Sukanata, R Eviyati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi perusahaan dan merumuskan implementasi strategi usaha perdagangan pada PD. BERAS ANDA. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menganalisis faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan yang menggunakan matriks internal factor evaluation (IFE) dan menganalisis faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman yang mengunakan matriks eksternal factor evaluation (EFE). Kemudian dipadukan kedalam matriks IE dan diagram cartesius swot untuk mengetahui posisi perusahaan dan jenis strategi yang harus dilakukan. Hasil analisis pada penelitian ini matriks IFE didapat skor 3,068 dan matriks EFE 3,092. Pada matriks IE dan diagram cartesius didapat posisi perusahaan berada pada fase pertumbuhan, strategi yang harus diterapkan adalah strategi integrasi vertikal. Sedangkan berdasarkan analisis QSPM, strategi yang menjadi prioritas adalah strategi meningkatkan pelayanan prima dalam rangka mempertahankan pelanggan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, Suryana, dkk. 2014. Dinamika Kebijakan Harga Gabah dan Beras Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian, Vol. 7 No. 4 Hal:155-168. Bogor

Anonim. 2016. Beras. diakses dari laman (http://www.indonesiainvestments.com/id/bisnis/komoditas/beras) pada 8 Februari 2017.

Anonim. 2017. Diakses dari laman (http://www.faostat.com) pada 5 Februari 2017.

Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Kota Cirebon Dalam Angka 2016. Cirebon: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. diakses dari laman (http://www.bps.go.id) pada 9 Februari 2017.

Freddy, Rangkuti. 2015. Analisis SWOT :Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nasir, dkk. 2012. Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Beras Cimanuk Melalui Peningkatan Mutu Oleh PD. Jaya Saputra Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten (The Feasibility and Business Development Strategies of Cimanuk Rice Through Quality Improvement by PD Jaya Saputra Sub District Pandeglang District Banten Province). Jurnal Manajemen IKM, Vol 7 No. 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>