STRATEGI PEMASARAN TAHU LAMPING "CAHAYA RASA" (Kasus di Home Industri "Cahaya Rasa" Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan)

Siti Hodijah, I Ketut Sukanata, Dukat Dukat

Sari


Kedelai merupakan. Salah satu produk pertanian yang bergizi tinggi sebagai sumber kalori dan protein. Salah satu industri yang memproduksi tahu yaitu Home industri tahu lamping "Cahaya Rasa" yang berdiri sejak tahun 2009. Home industri tahu lamping "Cahaya Rasa" sedang menghadapi beberapa masalah diantaranya penurunan penjualan, pendistribusian terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah identifikasi lingkungan linternal dan eksternal home industri, merumuskan alternatif strategi, dan merekomendasikan prioritas yang lebih strategis. Alat analisis yang cocok untuk tujuan adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Matriks IFE menghasilkan lima kekuatan dan lima kelemahan. Matriks
EFE menghasilkan lima peluang dan lima ancaman. Matriks IE menunjukan bahwa Home Industri Tahu LampingĀ "Cahaya Rasa" berada pada sel II posisi ini digambarkan pada posisi pertumbuhan, dan diagram cartesius SWOT menunjukan pada Kuadran I yang mendukung strategi agresif. Strategi alternatif dalam enam strategi matriks SWOT. QSP berbasis matriks menunjukan strategi terbaik adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kegiatan promosi untuk meningkatkan volume penjualan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman Herdiana Nana. 2015. Manjemen Strategi

Pemasaran. Pustaka Setia. Bandung.

Achmad Faqih, 2010. Kependudukan Teori, Fakta, dan Masalah. Dee

Publish. Yogyakarta.

Amirullah. 2015. Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kinerja. Mitra

Wacana Media. Jakarta.

BPS. 2016. Kuningan Dalam Angka Tahun 2016. Badan Pusat Statistik Kota Kuningan. Kuningan Jawa Barat.

David, F. R. 2004. Manajemen Strategis Konsep. Edisi ketujuh. PT

Prehallindo. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>