Pengaruh Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Kultivar Bima Brebes

Muhamad Niamillah, Umi Trisnaningsih, Tety Suciati

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak tanam dan takaran pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium ascalonicum L.) kultivar Bima Brebes. Penelitian dilaksanakan di Desa Playangan, Gebang, Kab. Cirebon Prov, Jawa Barat. Lokasi percobaan berada pada ketinggian 3 m di atas permukaan laut, jenis tanah Grumosol, tipe curah hujan berdasarkan klasifikasi Schmidt and Fergusson (1951) in Ance Gunarsih Kartasapoetra (1992) Schmidt and Fergusson (1951) dalam Ance Gunarsih Kartasapoetra (1992) termasuk tipe D (sedang). Percobaan berlangsung dari bulan Juni sampai dengan Juli 2013. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan pola faktorial. Perlakuan terdiri dari dua faktor yang diulang tiga kali. Faktor pertama adalah jarak tanam yang terdiri dari tiga taraf. Sementara aktor kedua adalh pupuk kandang ayam yang terdiri dari tiga taraf. Hasil penelitian menunjukkan jarak tanam 10 cm x 15 cm dan takaran pupuk kandang ayam 15 t ha-1 memberikan bobot segar per plot terbaik, yang menghasilkan 7,2 kg petak-1 setara dengan 42 t ha-1. Sementara hasil umbi kering per petak terbaik diperoleh dari perlakuan 10 cm x 15 cm yang menghasilkan 5,5, kg petak-1 yang setara dengan 2 t ha-1.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aksi Agraris Kanisius. 1998. Nutrisi Tanaman. Rineka Cipta. Jakarta.

Harahap, Ahmad Darwin dan Lose Wiranto.1992. Pengaruh Pupuk

Kandang Ayam dan Agrovit Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Lobak Var. Lokal. Jurnal Hortilultura 2 (3): 19- 22.

Musnamar, Effi Ismawati. 2003. Pupuk Organik. Penebar Swadaya. Jakarta

Putra, Anak Agung Gede. 2010. Pengaruh Jarak Tanam dan Dosis

Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang

Merah (Allium ascalonicum L.). Ganec Swara Vol. 4. Hal 22-24. Andry Harist Umboh. 1999. Petunjuk Penggunaan Mulsa. Penebar Swadaya, Jakarta.

Susetya, Darma. 2012. Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Rukmana, Rahmat. 2005. Bawang Merah: Budidaya dan Pengelolaan Pascapanen. Kanisius. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>