Pengaruh Perendaman Benih dalam Berbagai Suhu Air Terhadap Vigor dan Viabilitas Benih Lamtoro Gung (Leucaena leucocephala. L)

Tarim Tarim, Umi Trisnaningsih, Achmad Harijanto Soeparman

Sari


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perendaman berbagai suhu air terhadap vigor dan viabilitas benih lamtoro gung, dan (2) untuk mengetahui pada perlakuan suhu air berapa yang memberikan hasil terbaik terhadap vigor dan viabilitas lamtoro gung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 6 perlakuan, serta diulang 4 kali. Perlakuan yang diberikan adalah suhu awal perendaman benih lamtoro sebagai berikut: A (400C), B (500C), C (600C), D (700C), E (800C), F(900C). Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) suhu perendaman mempunyai pengaruh yang nyata terhadap vigor benih, viabilitas benih, keserempakan benih berkecambah, dan bobot kering kecambah, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap panjang plumula dan panjang radikula. (2) Pada perlakuan perendaman suhu air 90â°C diperoleh viabilitas benih 41%, vigor benih 32,50 %, keserempakan benih 26,25 %, dan bobot kering kecambah 6,31 gram yang merupakan nilai tertinggi dibandingkan dengan perendaman suhu yang lainnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brewbaker JL, Plucknett DL, Gonzales V. 1972. Varietal Trials of

Leucaena leucocephala (Akoahaole@) in Hawaii. Res. Bull. 166. Honolulu: University of Hawaii, College of Agriculture, Hawaii Agricultural Experiment Station. 29 p.

Francis JK. 1993. Leucaena leucocephala Established By Direst Seeding In Prepared Seed Spots Under Difficult Conditions. Nitrogen Fixing Tree Reports 11: 91B93.

Kamil, 1992. Teknologi Benih I.Angkasa, Bandung Kimball, John. 1983. Biologi jilid II edisi ke lima. Erlangga. Jakarta.

Lita Sutopo, 2010. Teknologi Benih (Edisi Revisi). Fakultas

Pertanian Unibraw. Rajawali Press. Jakarta.

Nurma Ani, 2004. Pengaruh Perendaman Benih Dalam Air Panas Terhadap Daya Kecamabah dan Pertumbuhan Bibit Lamtoro. Universitas Sumatera Utara.

Sumanto dan Sriwahyuni, 1993. Pengembangan Perlakuan Benih terhadap Perkecambahan. Pusat Penelitian dan Pengembangan

Tanaman Industri.

Toto Warsa, dan Cucu, S.A., 1989. Teknik Perancangan Percobaan

(Rancangan dan analisis). Fakultas Pertanian UNPAD, Bandung.

Thompson, H.C. and W.C Kelly.1957. Vegetable Crops. 5 th ed.Mc

Graw. Hill Book Company. Inc. New York. Toronto. London hlm, 75-114.

Wahju Qomara Mugnisjah, Setiawan A., Suwarto, dan C. Santiwa. 1994. Panduan Praktikum dan Penelitian Bidang Ilmu dan Teknologi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wijaya, 2010. Perancangan Percobaan. Fakultas Pertanian Unuversitas Swadaya Gunung Jati. Cirebon


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>