PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK ( Studi Kasus di Minimarket Toko Pasti Desa Bojongkulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon)

Melda Melda, Harwan Sutomo, Eviyati Eviyati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh harga, keragaman produk, dan kualitas pelayanan baik secara bersama-sama (simultan) maupun parsial terhadap keputusan pembelian produk di Minimarket Toko Pasti Desa Bojongkulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang telah membeli produk. Teknik yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t yang diolah dengan aplikasi pengolahan data SPSS for Windows 22.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama variabel harga,keragaman produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian dengan persamaan YÕš = 5,072 + 0,086 X1 + 0,322 X2 + 0,108 X3. Hasil analisis uji f menunjukan bahwa secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan dengan nilai sebesar 22,736. Hasil analisis uji t menunjukan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh signifikan. Variabel harga mempunyai thitung yaitu 2,340 dengan ttabel yaitu 1,984. Variabel keragaman produk berpengaruh signifikan. Variabel keragaman produk mempunyai thitung yaitu 5,912 dengan ttabel yaitu 1,984. Dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Variabel kualitas pelayan mempunyai thitung yaitu 2,327 dengan ttabel yaitu 1,984. Dengan demikian variabel harga, variabel keragaman produk, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ferdinand, Augusty. 2006. Metode PeNelitian Manajemen. Badan

Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang

Kotler, Philip. 2005. Manjemen pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid

Pt. Intan Sejati Klaten. Jakarta.

Saidani, Basrah dan Samsul Arifin. Pengaruh Kualitas Produk dan

Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen dan Minat

Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia

(JRMSI) / Vol.3, No.1, 2012. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

AHJh nnSchiffman, David & Alan Kanuk.1997. Consumer Behavior.

New Jersey : Person prentice Hal International Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>