IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DANA DESA DI KABUPATEN INDRAMAYU (Studi Kasus Penetapan Prioritas Dana Desa di Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu)

Agung Pratama, K. Suhendra, Mukarto Siswoyo

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada belum efektifnya pelaksanaan Prioritas Penggunaan Dana Desa di Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan prioritas penggunaan dana desa, mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya, serta mengetahui bagaimana strategi pemerintah dalam melaksanakan kebijakan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara terhadap informan kunci yaitu Camat Sliyeg, Kuwu Desa Sleman Lor, Majasari dan Sudikampiran, serta informan pendukung seperti pendamping desa, pamong desa dan masyarakat. Untuk menjamin keabsahan informasi yang diberikan informan kunci dilakukan triangulasi terhadap sumber data. Triangulasi dilakukan peneliti dengan mengkonfirmasi keterangan yang diberikan kepada pihak lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi/sikap, struktur birokrasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan menjadi faktor yang menyebabkan belum efektifnya implementasi kebijakan prioritas penggunaan dana desa di Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu.


References


A. Buku-buku:

Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Agustino Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung. Alfabeta.

Anggara, Shaya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga

Purwanto, Agus & Sulistyastuti. 2015. Implementasi Kebojakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Rianse, Usman & Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung: PT. Alfabeta.

Riant Nugroho Dwijowijoto. 2004. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Rosidin, Utang. 2015. Otonomi Daerah Dan Desentralisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Siagian P. Sondang, 2011. Manajemen Stratejik. Bumi Aksara: Jakarta.

Subarsono. 2005. Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Theresia, Aprillia. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat: Acuan Bagi Praktisi, Akademik dan Pemerhati Pembangunan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik : Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta. CAPS.

B. Sumber Lain:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 Tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2016.

Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Pemerintah Desa.

Peraturan Bupati Indramayu Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Kewenangan Desa Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa di Kabupaten Indramayu.

Peraturan Bupati Indramayu Nomor 23.B Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penetapan Besaran, Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v4i1.2645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>