KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v6i2.10963Kata Kunci:
Kepemimpinan, Performa, KaryawanAbstrak
Penelitian ini berjudul "Kepemimpinan Kecamatan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Kantor Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. " Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa aspek penting terkait kepemimpinan di Kantor Kecamatan Mandirancan, dengan fokus pada: 1) Struktur kepemimpinan yang diterapkan di Kantor Kecamatan Mandirancan; 2) Kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Mandirancan; 3) Faktor-faktor yang mendukung serta menghambat kepemimpinan Camat di kantor kecamatan tersebut; 4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan terhadap kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Mandirancan, yang terletak di Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data meliputi teknik Pengurangan Data, Penyajian Data, serta Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pemeriksaan validitas data dilakukan melalui pengaktifan sumber dan metode yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan seluruh parameter yang dianalisis, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja karyawan di Kantor Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, belum mencapai optimalitas. Penyebab dari hal ini adalah sebagai berikut: 1) Kepala kecamatan tidak memberikan penghargaan kepada karyawan yang menunjukkan kinerja baik, 2) Latar belakang pendidikan karyawan di kantor kecamatan Mandirancan masih belum sesuai dengan penempatan kerja, dan 3) Karyawan belum mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 4) Karyawan belum memanfaatkan teknologi secara optimal sebagai sarana pendukung dalam pelaksanaan tugas mereka di tempat kerja. 5) Kreativitas dan inovasi karyawan belum mencapai tingkat optimal. 6) Terdapat kekurangan pengawasan langsung dari Camat. 7) Karyawan kurang memiliki kesadaran untuk bekerja secara mandiri tanpa pengawasan dari pimpinan.
Referensi
Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Kartono, Kartini. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2012. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.
Miftah, Thoha. 2013. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Sedarmayanti. 2017. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung: PT. Refika Aditama.
Setyowati. 2013. Organisasi dan Kepemimpinan Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sudarmanto. 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Syafi’ie, Inu Kencana. 2013. Kepemimpinan Pemerintah Indonesia. Bandung: Refika Aditama
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja (edisi keempat). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Perundang-undangan:
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
Peraturan Bupati Kuningan Nomor 66 tahun 2016 tentang tupoksi Kecamatan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ade Erna, Iskandar Zulkarnaen, Moh. Taufik Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.