MOTIVASI CAMAT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU BELUM OPTIMAL
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v4i2.10954Kata Kunci:
Motivasi, kinerja, pegawaiAbstrak
Penelitian berjudul “Motivasi Camat untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai dalam Pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. ” Latar belakang penelitiannya adalah belum optimalnya motivasi di Kantor Kecamatan Karangampel. Motivasi dari para pimpinan mencerminkan kinerja yang diberikan, sehingga motivasi tersebut akan berpengaruh pada performa pegawai. Seringkali, pimpinan mengambil keputusan tanpa berkonsultasi lebih dahulu dengan pegawainya. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah diidentifikasi, yaitu kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Karangampel yang belum optimal. Hal ini diduga disebabkan oleh adanya kendala dalam proses pelayanan yang memakan waktu dan tidak semua pegawai terampil dalam menggunakan teknologi yang ada. Pegawai juga membutuhkan pengawasan dari pimpinan untuk mencapai hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana motivasi Camat Karangampel berperan dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam pembuatan E-KTP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi literatur. Penelitian lapangan dilakukan dengan wawancara kepada informan kunci serta informan pendukung, memberikan gambaran terkait situasi yang ada. Penulis memanfaatkan teknik wawancara, pengamatan, dan penggunaan dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menerapkan triangulasi dengan sumber, karena hal ini memungkinkan sinkronisasi dengan masalah yang dihadapi.Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yang mencakup deskripsi, penjelasan, makna, dan interpretasi data.Hasil penelitian di Kantor Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu menunjukkan bahwa Camat telah berusaha meningkatkan kinerja pegawai, namun hasilnya belum sepenuhnya maksimal. Masih terdapat beberapa tantangan, seperti pimpinan yang cenderung membuat keputusan tanpa meminta pendapat pegawainya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motivasi dari Melayu S. P. Hasibuan, yang mencakup unsur partisipasi, komunikasi, pengakuan, delegasi wewenang, keadilan, perhatian, serta umpan balik. Selain itu, teori kinerja dari Bernardin dan Russel juga dipakai, yang meliputi kuantitas, kualitas, ketepatan waktu, efektivitas biaya, kebutuhan akan pengawas, dan dampak interpersonal
Referensi
H Veithzal Rivai, M. B. A., & Arifin, I. H. A. (2023). Islamic Leadership: Membangun Superleadership Melalui Kecerdasan Spiritual. Bumi Aksara.
HASIBUAN, M. (2002). Manajemen Sumber daya Manusia/Malayu SP Hasibuan. Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. (2007). Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah.
Hasibuan, M. S. (2011). A. Konsep Manajemen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahardikasari, D., & Bernadia Linggar, Y. N. (2022). Peluang dan Tantangan Whistleblowing dalam memerangi korupsi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma.
Moeheriono, M. (2005). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III terhadap Motivasi Kerja, Karier dan Kompetensi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Timur. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 9(2), 217-242.
Pasalong, H. (2007). Teori Administrasi Kesejahteraan. Bandung: Alfa Beta.
Purwanto, M. N. (1985). Ilmu pendidikan: teoretis dan praktis. (No Title).
Rivai, V. (2009). Education management: analisis teori dan praktik.
Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59-70.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Tangkilisan, H. N. S. (2005). Manajemen publik. Grasindo.
Wibowo, M., Al Musadieq, M., & Nurtjahjono, G. E. (2014). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Malang) (Vol. 16). Brawijaya University.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novi Silvana, Moh. Taufik Hidayat, Hery Nariyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.