KUALITAS PELAYANAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DARI KENDARAAN TIDAK MELAKUKAN DAFTAR ULANG DI PUSAT PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH WILAYAH KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v9i1.10911Kata Kunci:
pelayanan, pajak, kendaraan, bermotor, daftar ulangAbstrak
Penelitian ini berfokus pada isu bahwa kualitas layanan belum mencapai tingkat optimal untuk meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik studi literatur, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, teknik triangulasi diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dalam dimensi sistem, strategi, orang, dan pelanggan belum optimal karena ada sejumlah faktor penghambat. Langkah-langkah yang telah diambil untuk mengatasi hambatan tersebut juga belum menunjukkan hasil yang memuaskan
Referensi
Albrecht, Karl & Zemke, Ron. 2008. Service America. Homewood: Dow Jone Irwin
Creswell, John W. 2014. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (terjemahanAchmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moenir, H.A.S. 2016. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Subarsono, A.G. 2014. Pelayanan Publik yang Efisien, Efektif, dan Non-Partisan dalam “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik” Agus Dwiyanto (editor). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arief Anugerah Pratama, Moh. Taufik Hidayat, Ipik Permana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.