FAKTOR PENGHAMBAT DAN FAKTOR PENDUKUNG IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM APLIKASI E-VERVAL DI KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v7i1.10898Kata Kunci:
faktor, penghambat, pendukung, implementasi, Aplikasi E-VervalAbstrak
Dalam studi ini, dibahas dengan menganalisis bagaimana E-Government dapat meningkatkan mutu layanan, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penerapan E-Government, khususnya dalam aplikasi E-Verval. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu desain penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan masalah yang ditemukan di lapangan. Ini berarti bahwa data yang dikumpulkan bukan angka, melainkan berasal dari transkrip wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, serta dokumen lain yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna aplikasi telah ditentukan oleh admin untuk setiap kecamatan yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Semua admin telah mendapatkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke aplikasi E-VERVAL, sehingga mereka dapat langsung login dan memanfaatkan empat fitur utama dalam aplikasi tersebut; yang pertama memungkinkan admin Kabupaten Indramayu untuk mengakses berbagai informasi terkait dengan pemantauan data. Faktor pendukung penerapan E-Government dalam Aplikasi E-Verval untuk meningkatkan mutu layanan publik di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu meliputi adanya dukungan dari pemerintah maupun instansi itu sendiri, yang dapat berupa aturan-aturan seperti instruksi presiden, peraturan presiden, dan peraturan pemerintah kabupaten terkait penyelenggaraan layanan berbasis elektronik atau e-government. Selain itu, terdapat inisiatif dari Kementerian Pertanian untuk menciptakan sistem pelaporan pembelian pupuk bersubsidi secara online melalui aplikasi E-Verval. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kualitas sumber daya manusia, sistem yang belum sepenuhnya optimal, dan sosialisasi yang belum berjalan dengan baik.
Referensi
Alfian Adi Prasetyo dan Herbasuki Nurcahyanto. 2014. Analisis Pengembangan E-Government di Kota Semarang (Studi Website Resmi Kota Semarang)
Hamidah Nur Rahmawati. 2015. Implementasi E-Government dalam Pelayanan
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan
Hariadi Danu. 2011. Analisis Kebijakan Implementasi E-Government Terhadap Pelayanan Kependudukan dan Perekonomian. Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan. Universitas Sebelas Maret Srakarta.
Idrus Iqbal Aidar, Zakiyah Ummi, Hodiyah Lisa. 2017. Kajian Sukses Implementasi E-Government Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor.
Implementasinya edisi revisi. Yogyakarta : Gava Media
Indrajit Richardus Eko. 2004. Electronic Government Strategi Pembangunan
Izzati Berlian Maulidya. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Publik E-Government (Government To Citizen) Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus: Kota Surabaya. Fakultas Teknologi Informasi. Institut
Kartanegara. Balitbangda Kab. Kutai Kartanegara. Vol. 12 No. 1.
Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Genesin
Kuswana Dadang. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia
Mahdanisa Dinda dan Nurlim. 2018. Analisis Penerapan E-Government Dalam
Moleong, Lexy J. 2016 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Muhammad Fatchuriza danTeguh Adi Prasojo. 2021. Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-Government Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal.
Pencapaian Sistem Informasi Pada (Dinas Kominfo) Kabupaten Kutai
PREINEXUS
Rahayu Amy YS, Vishnu Juwono, Krisna Puji Rahmayanti. 2020. Pelayanan Publik dan E-Government Sebuah Teori dan Konsep. Depok. PT RajaGrafindo Persada.
Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Yogyakarta : Graha Ilmu
Rosdakarya
Siew Lim Siew. Low Yin Leng.2015. E-Government in Action: Singapore Case
Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta : ANDI
Studi Magister Administrasi Publik. Universitas Sebelas Maret Srakarta.
Study. University of Nebraska, Lincoln.
Suaedi Falih, Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Volume 2. No.2
Wibowo Sri Danang, Irwan Abdullah, Muhadjir Darwin. 2014. The Growth of EGovernment in the Government of Yogyakarta City. Study Program: Policy Study, Graduate School. Gadjah Mada University.
Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan Penelitian
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Azis Rudiansyah, Retno Widyani, Suhendra Suhendra, Mus Nilamcaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.