FAKTOR PENGHAMBAT DAN FAKTOR PENDUKUNG IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM APLIKASI E-VERVAL DI KABUPATEN INDRAMAYU

Penulis

  • Azis Rudiansyah Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Retno Widyani Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Suhendra Suhendra Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Mus Nilamcaya Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/reformasi.v7i1.10898

Kata Kunci:

faktor, penghambat, pendukung, implementasi, Aplikasi E-Verval

Abstrak

Dalam studi ini, dibahas dengan menganalisis bagaimana E-Government dapat meningkatkan mutu layanan, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penerapan E-Government, khususnya dalam aplikasi E-Verval. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu desain penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan masalah yang ditemukan di lapangan. Ini berarti bahwa data yang dikumpulkan bukan angka, melainkan berasal dari transkrip wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, serta dokumen lain yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna aplikasi telah ditentukan oleh admin untuk setiap kecamatan yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Semua admin telah mendapatkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke aplikasi E-VERVAL, sehingga mereka dapat langsung login dan memanfaatkan empat fitur utama dalam aplikasi tersebut; yang pertama memungkinkan admin Kabupaten Indramayu untuk mengakses berbagai informasi terkait dengan pemantauan data. Faktor pendukung penerapan E-Government dalam Aplikasi E-Verval untuk meningkatkan mutu layanan publik di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu meliputi adanya dukungan dari pemerintah maupun instansi itu sendiri, yang dapat berupa aturan-aturan seperti instruksi presiden, peraturan presiden, dan peraturan pemerintah kabupaten terkait penyelenggaraan layanan berbasis elektronik atau e-government. Selain itu, terdapat inisiatif dari Kementerian Pertanian untuk menciptakan sistem pelaporan pembelian pupuk bersubsidi secara online melalui aplikasi E-Verval. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kualitas sumber daya manusia, sistem yang belum sepenuhnya optimal, dan sosialisasi yang belum berjalan dengan baik.

Referensi

Alfian Adi Prasetyo dan Herbasuki Nurcahyanto. 2014. Analisis Pengembangan E-Government di Kota Semarang (Studi Website Resmi Kota Semarang)

Hamidah Nur Rahmawati. 2015. Implementasi E-Government dalam Pelayanan

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan

Hariadi Danu. 2011. Analisis Kebijakan Implementasi E-Government Terhadap Pelayanan Kependudukan dan Perekonomian. Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan. Universitas Sebelas Maret Srakarta.

Idrus Iqbal Aidar, Zakiyah Ummi, Hodiyah Lisa. 2017. Kajian Sukses Implementasi E-Government Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor.

Implementasinya edisi revisi. Yogyakarta : Gava Media

Indrajit Richardus Eko. 2004. Electronic Government Strategi Pembangunan

Izzati Berlian Maulidya. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Publik E-Government (Government To Citizen) Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus: Kota Surabaya. Fakultas Teknologi Informasi. Institut

Kartanegara. Balitbangda Kab. Kutai Kartanegara. Vol. 12 No. 1.

Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Genesin

Kuswana Dadang. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia

Mahdanisa Dinda dan Nurlim. 2018. Analisis Penerapan E-Government Dalam

Moleong, Lexy J. 2016 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Muhammad Fatchuriza danTeguh Adi Prasojo. 2021. Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-Government Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal.

Pencapaian Sistem Informasi Pada (Dinas Kominfo) Kabupaten Kutai

PREINEXUS

Rahayu Amy YS, Vishnu Juwono, Krisna Puji Rahmayanti. 2020. Pelayanan Publik dan E-Government Sebuah Teori dan Konsep. Depok. PT RajaGrafindo Persada.

Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Yogyakarta : Graha Ilmu

Rosdakarya

Siew Lim Siew. Low Yin Leng.2015. E-Government in Action: Singapore Case

Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta : ANDI

Studi Magister Administrasi Publik. Universitas Sebelas Maret Srakarta.

Study. University of Nebraska, Lincoln.

Suaedi Falih, Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Volume 2. No.2

Wibowo Sri Danang, Irwan Abdullah, Muhadjir Darwin. 2014. The Growth of EGovernment in the Government of Yogyakarta City. Study Program: Policy Study, Graduate School. Gadjah Mada University.

Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan Penelitian

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-01

Citation Check