IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN DAMPAK COVID 19 MELALUI BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) (Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo)

Marten Nusi, Sandi Prahara, Darmawaty Abd Razak

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Borontalo. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan pendekatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah melalui pendekatan analisis jalur yang mengedepankan aspek narasi deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukan program tersebut telah dilaksanakan sesuai ketentuan. Implementasi program bantuan langsung tunai (BLT) di Desa Tuladenggi telah disosialisasikan oleh pemerintah Desa melalui berbagai kegiatan yang mengumpulkan masyarakat, maupun pelibatan unsur aparat pemerintah pada tingkat Dusun. Program bantuan langsung tunai (BLT) model pendanaannya adalah melalui kebijakan anggaran dana Desa yang ditetapkan melalui musyawarah Desa dengan melibatkan masyarakat didalamnya. Untuk mendukung tercapainya tujuan program, maka komitmen kerja pemerintah Desa telah ditunjukan dengan adanya sinergitas dan konsistensi sejak tahapan pengusulan pendataan sampai pada dana diterima langsung oleh masyarakat. Sebagai saran dari peneliti terhadap pemerintah Desa Tuladenggi dalam melaksanakan kebijakan program bantuan langsung tunai (BLT) adalah Perlu dimaksimalkan lagi dengan berbagai cara untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan program atau kebiajakan yang diambil dan dilaksanakan, edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mendukung dan menyebarkan informasi penting akan setiap kebijakan yang diambil.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, Solichin. 2005. Analisis Kebijaksanaan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta: Bumi Aksara.

Almutahar, H. Isdairi (2016). Implementasi Program Simpanan Keluarga Sejahtera Pada Masyarakat Desa Jangkeng Dua Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN-2016.

Agustino. Leo 2008. Dasar-dasar kebijakan publik. Alfabeta. Bandung.

Arifin, Tahir. 2014, Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Daerah, Bandung, ALFABETA.

Hasanah, Putri (2021). Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Sebagai Upaya Penanganan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Di Desa Prajekan Lor Kabupaten Bondowoso. CERMIN : Jurnal Penelitian, Volume 5, No. 2 Tahun 2021, hal. 2019-2029.

Hezel dan Tangkilisan, 2003, Kebijakan Publik Yang Membumi, Lukman Offfset, Yogyakarta

Islamy, Irfan. 2007. Prinsip-prinsip perumusan kebijakan negara. Bumi aksara. Jakarta.

Marta, F.D.Y, Nurlitasari, R. (2021). Implementasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Era Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sigi 2020. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau Vol. 1, No. 1, Edisi Januari – Juni 2021.

Nugroho, Riant. 2011. Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sasuwuk, C.H. Lengkong, F.D, Palar. N.A. (2021). Implementasi Kebijakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sea Kabupaten Minahasa. JAP No. 108 Vol. VII 2021.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kauntitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Udayan, I.M.A, Sukraaliawan, I.N (2021). Implementasi Kebijakan BLT-Dana Desa Kepada Masyarakat Miskin Terdampak Covid-19 Di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Locus Majalah Ilmiah FISIP, Vol 13 No. 2 – Agustus 2021.

Yama, W.O, Rusli, M (2021). Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat Pesisir, volume 3, 1 April 2021, hal. 122-127

Widodo, J. (2010). Analisis Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing. Dokumen Lainnya.

Winarno, Budi. 2012. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Media Pressindo. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>