PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI

Srikanthi Mulyati

Sari


Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang hendaknya dikuasaioleh peserta didik. Perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia yangberasaldari kurikulum 1994 (berbasis konten) menjadi kurikulum 2004 (berbasis kompetensi) yang disempurnakan dalam kurikulum 2006 (kurikulum tingkat satuan pendidikan) hingga kurikulum2013 tentunya berimplikasi pada berbagai aspek dalam pendidikan dan proses pembelajaran. Agar hasil belajar dapat diungkap secara menyeluruh, maka selain digunakan alat ukur tes objektif dan subjektif perlu dilengkapi dengan alat ukur yang dapat mengetahui kemampuan siswa dari aspek kerja ilmiah (keterampilan dan sikap ilmiah) dan seberapa baik siswa dapat menerapkan informasi pengetahuan yang diperolehnya. Metode yang digunakan dari kedua hasil riset penelitian diatas adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Juga dengan model pengembangan bahan ajar teks deskripsi berbasis penilaian otentik. Dalam memilih jenis data yang dikumpulkan yaitu dengan penelitian deskripsi dengan membuat dan menyebarkan angket Berdasarkan hasil riset dan pembahasan mengenai penilaian outentik disimpulkan bahwa penilaian outentik keterampilan siswa menuliskan teks deskrisi dalam tekhnik non tes bentuk penugasan proyek sudah cukup bagus. Diawali dari persiapan yang matang guru menyiapkan soal lebih dari 2 buku sumber, kriteria kesukaran sudah disampaikan dan dijelaskan, sebagian soal diselesaikan dengan proses yang benar. Dalam pelaporan semua proyek yang dikerjakan yakni tes deskripsi dikerjakan dan di tulis dengan rapih , penngumpulan tudas juga dikerjakan tepat waktu.Ada pengaruh signifikan terhadap pemahaman dan penguasaan bahan ajar teks deskripsi berbasis penilaian otentik. Ada pengaruh yang cukup bagus dengan adanya penilaian otentik sehingga penilaian lebih baik untuk meningkatan kemampuan siswa dalam menguasai teks deskripsi.

Kata Kunci


Penilaian otentik, teks deskripsi, PBL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dede. (2020). Penerapan Autentik dalam pembelajaran LHO. Yogyakarta: pustaka.

Dwi, A. (2017). Analisis Permasalahan dalam Penilaian Pembelajran di Sekolah. 8-9.

Riami, J. (2017). Pengembangan bahan Ajar teks Deskripsi Berbasis Penilaian Autentik . Journalk.

Susilo, H. (Januari 2019). Enhancing Different Ethnicity Science Proses Skill : Problem Base Learning Through Practicum and Authentic Assesment. Journal Of Intruction.

Syafrina. (2017). Implementasi Pembeljaran Menyimak di Sekolah Menengah Pertama.

Ulfa Nurul, d. (2017). Ketrampilan menulis Teks Deskripsi bahasa Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Gowa: Artikel.

Yusuf Muri, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan . Jakarta: Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

execute(); ?>