PENGGUNAAN MEDIA CANVA PADA MATERI TEKS PROSEDUR

Tuti Widiyastuti

Sari


Penggunaan media pembelajaran di sekolah belum dimaksimalkan. Media pembelajaran belum banyak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas atau pun pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membua tmedia yang menarik dan praktis sebagai media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode problem based learing. Jenis media ini sebagai LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lemba rvalidasi dan lembar praktikalitas. Data yang didapat diolah dengan cara statistika deskriptif. Media canva digunakan dengan tahapan analisis untuk mengetahui kebutuhan siswa. Pada tahapan desain dilakukan pemilihan format media, dan perancangan media. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan media canva sebagai media. Hasil yang didapat media canva sangat valid dengan rata-rata nilai di atas KBM yaitu 75. Media canva yang dibuat juga sangat praktis. Dalam proses pembelajaran teks prosedur dengan media canva yang menjadikan siswa lebih tertarik dalam kegiatan proses belajar.

Kata Kunci


Media Pembelajaran, Canva, Teks Prosedur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Said Zainal. 2016. Kebijakan Publik. Jakarta: Salemba Humanika

Arief Sadiman. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ida Nuraida. (2008). Manajemen Administrasi Perkantoran. Kanisius: Yogyakarta.

Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa dan Umum. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pemeblajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembejaran. Jakarta: Kota Pena.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

execute(); ?>