PENGEMBANGAN MEDIA CERPEN DIGITAL MENGGUNAKAN LINKTREE DALAM PEMBELAJARAN CERPEN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Endang Wahyuningsih

Sari


Belajar adalah kewajiban seluruh umat manusia di dunia, sebagaimana dinyatakan dalam hadits berikut “mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan†(HR. Ibnu Abdil Barr). Dikenal pula istilah â€long life educationâ€,  istilah tersebut juga sejalan dengan hadits “tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahatâ€.Penelitian pengembangan ini penting dilakukan agar memudahkansiswa dan guru dalam proses pembelajaran denganmenggunakan aplikasi digital yang dapat diakses melalui internet dan dengantampilan yang menarik para siswa lebih tertarik lagi dalam belajar.Pengembangan ini dilakukan juga dalam mengefektifkan waktupembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Desain uji coba pada penelitian ini dilakukan secara bertahap, uji coba validitas merupakan uji coba awal untuk mengetahui kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media  pembelajaran yang dikembangkan berupa linktree yang ditautkan ke beberapa link media pembelajaran yang disimpan di dalam drive peneliti atau link yang ditautkan ke youtube. Sajian cerpen dalam bentuk digital dengan tulisan yang bergerak membuat santri lebih mudah dalam membaca ditambah dengan audio yang ditautkan dalam cerpen digital tersebut sangat mendukung pada latar suasana cerpen yang disajikan.

Kata Kunci


media, cerpen,linktree

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aristo, R. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan Guru Konsep dan Strategi. Bandung: Mandar maju.

Maryani, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Kuliah Komputerisasi Akuntansi (Studi Kasus: Myob Accounting 17 Pada Modul Banking). http:/www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/economy/2009/Artikel_21205188.pdf[18 Maret 2012].

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmanita, F. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Web, Solusi Belajara saat Pandemi Corona. https://kumparan.com/fika-rahmanita/media-pembelajaran-berbasis-web-solusi-belajara-saat-pandemi-corona-1vNG6ood1FZ/full.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

execute(); ?>