MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBASIS LITERASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENULIS KARYA ILMIAH
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Pembelajaran Biologi. Jurnal Florea, 6(1), 45–53.
Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa tingkat 1 SMA pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 8(2), 35-43.
Anindyta, P., & Suwarjo, S. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Mahasiswa tingkat 1 Tingkat 1. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 209-222.
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Mahasiswa tingkat 1 pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems. 1(20, 92- 100.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ariyansyah, A. (2018). Penerapan Beberapa Keterampilan Abad 21 Melalui Metode Kuliah Lapangan (Field Trip) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi). 7(1), 1-9.
Chatib, M. (2012). Dosennya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
Ebiendele E.P. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research. 5(3), 39-43.
Ennis, R. H., & Weir, E. (1985). Ennis-Weir Critical Thinking Essay Test. Midwest Publictions.
Ennis, R. H., et.al. (1964). The Cornell Class-Reasioning Test. University of Illinois.
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Faculty.Education.Illinois.Edu.
Facione, P.A. (1990). The California Critical Thinking Skills Test - College Level. Experimental Validation and Content Validity. California Academic Press.
Facione, P.A. (2016). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts Peter A. Facione The. Molecular Imaging and Biology. Tersedia di https://doi.org/10.1007/s11307016-1031-0
Feridia, Y., & S. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Aspek Explanation dalam penyelesaian Masalah Perbandingan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4). 1-10.
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. London: Sage. Fogarty, R., & McTighe, J. (1993). Educating teachers for higher order thinking The three-story intellect. Theory Into Practice. 32(3), 161-169.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17793
https://media.neliti.com/media/publications/125003-ID-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t.pdf
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/viewFile/8214/5482
https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/217
https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/view/213
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34594/1/Fauzan%2CFatkhul%20arifin-prosiding.pdf
Insight Assessment. (2014). User Manual for California Critical Thinking Skills Test. Tersedia di http://www.insightassessment.com
Jazuli, M & Wardani, S. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi IPA Terpadu Topik Perubahan Materi Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa tingkat 1. Unnes Science Education Journal, 4(2), 912–918.
Johnson, E. B. (2010). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna (Terjemahan Setiawan Ibnu). Bandung: Mizan Learning Center.
Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi. 4(2), 142-163.
Kalelioǧlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Enformatik Anabilim Dali. 17(1), 248-258.
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa tingkat 1 dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Kampus Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 92-104.
Karsono, Mulyoto, & H. S. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat 250 Kata per Menit (Kpm) Menggunakan Metode Tri-Fokus Steve Snyder Pada Mahasiswa tingkat 1 Tingkat VIII SMP YPAC Surakarta Tahun Kuliah2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 211–230.
Kartimi, K., Liliasari, L., & Permanasari, A. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Senyawa Hidrokarbon untuk Mahasiswa tingkat 1 SMA di Kabupaten Kuningan. Jurnal MIPA. 13(1), 18-25.
Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Liang, L. M. R. & T. (2002). Automated Esei Scoring Using Bayes’ Theorem.
The Journal of Technology, Learning and Assessment, 1(2).
Luzyawati, L. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa tingkat 1 Sma Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 5(2), 9-21.
Manab, A. (2016). Memahami Regulasi Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual. Makalah disajikan pada Seminar Asean 2nd Pschology & Humanity. Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia. Hal 7–11.
Muhfahroyin, M. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa tingkat 1 Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). 16(1), 88-93.
Pradana, S.D.S., Parno, P., & Handayanto, S.K. (2017). Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi Optik Geometri untuk mahasiswa tingkat 1 Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 21(1), 52-64.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##