LEGENDA SANGKURIANG : ASAL TANGKUBAN PERAHU DALAM ANALISIS BAHASA

Sutarsih Sutarsih

Sari


“Legenda Sangkuriang: Asal Tangkuban Perahu†merupakan cerita rakyat lisan yang diubah dalam bentuk tulis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teks legenda dianalisis dari segi bahasa dengan metode padan intralingual. Data berupa kutipan legenda Sangkuriang yang mengandung ketidaktepatan tata tulis dan logika bahasa. Sumber data adalah teks legenda yang dimuat dalam https://ppid.bandung.go.id/. Dari sudut analisis bahasa, legenda tersebut dianalisis dari tata tulis dan logika bahasa. Analisis tata tulis menghasilkan temuan ada 3 ketidaktepatan, yaitu: penulisan huruf, tanda baca, dan kata. Analisis logika bahasa menemukan 5 ketidaklogisan, yaitu: acuan, ilmu, yakin, tanggung jawab, dan bahasa. Analisis tata tulis berkaitan dengan analisis logika bahasa. Analisis legenda dari segi bahasa sangat membantu pembaca memahami isi bacaan dan menangkap nilai-nilai yang terkandung di dalam legenda. Dengan analisis dari sisi bahasa, penulis teks sastra lisan dapat menyampaikan  tujuan atas karyanya ke generasi era digital.

Kata Kunci


legenda, sangkuriang, bahasa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kembaren, Mardiah Mawar; Arie Azharie Nasution; dan M.Husnan Lubis. (2020). “Cerita Rakyat Melayu Sumatra Utara Berupa Mitos dan Legenda dalam Membentuk Kearifan Lokal Masyarakatâ€. Rumpun Jurnal Persuratan Melayu, Budiman Writers Association of Malaysia (BUDIMAN). 8(1), 1—12.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Ketiga. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Nensilianti. (2012). Sistem Klasifikasi Prosa Naratif Masyarakat Bugis dan Makassar: Studi Komparatif. Disertasi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Nensilianti. (2018). Cerita legenda Rakyat Bugis. Prosiding. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia. (Khatarina Endriati Sukamto Ed.), 234—238.

Raglan, F.R.S. Lord. (1965). The Hero of Tradition. The Study of Folklore (Alan Dundes Ed.). Eglewood Cliffs, N.J.Prentice-Hall. Inc., 142—157.

Sitompul, Opim S. dan Mahyuddin K. M. Nasution. (2005). Implementasi Hubungan Bahasa dan Logika dalam Objektivitas Penelitian. al-Khawarizmi Journal of Computer Science. 1(3), 27—31.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengmbangan dan Pembinaan Bahasa.

https://dongengceritarakyat.com/.

https://ppid.bandung.go.id/.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

execute(); ?>