NILAI MORAL DALAM LIMA CERPEN TAHUN 2018

Indri Monika

Sari


Dalam riset ini menganalisis tentang adanya nilai-nilai moral yang terdapat didalam 5 cerpen tahun 2018. Adapun cerpen yang diangkat adalah Durian Ayah, Lelaki yang Menderita bila Dipuji, Si Pengarang Muda, Karomah Sebatang Lidi, dan Misteri Seorang Tukang Cukur. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengumpulkan nilai-nilai moral dalam kajian Sosiologi sastra. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil analisis 5 cerpen tahun 2018 terdapat beberapa nilai moral, yaitu pantang menyerah, kerja keras, curang, ikhlas, tidak memiliki prasangka buruk dan saling menghormti orang lain. Dari masing-masing kelima puisi tersebut terdapat nilai moral yang berbeda-beda. Nilai moral tersebut berkaitan dengan unsur-unsur dalam bermasyarakat dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan. Nilai moral tidak luput hanya sebatas dalam cerpen, namun penerapannya dalam kehidupan membuat nilai moral disisipkan dalam berbagai karya untuk dijadikan contoh, pelajaran, dan pesan bagi setiap pembaca.

Kata Kunci


Nilai Moral, Cerpen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cholastina Tampubolon, Hendry Baginta, Annisa. (2020). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR. Jurnal Basataka, 27-32.

D, Z. (2020). WUJUD NILAI MORAL DALAM NOVEL AMIRA: CINTA DARI TANAH SURGA KARYA SULIWE. Jurnal Pendidikan Rokania Vol.V, Jurnal Pendidikan Rokania Vol.V.

Fauziah, S. (2021). NILAI-NILAI SOSIAL DALAM DWILOGI NOVEL SEPASANG YANG MELAWAN KARYA JAZULI IMAM (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1-16.

Hatimah, K. (2019). NILAI MORAL DALAM NOVEL MENARI DI ATAS AWAN KARYA MARIA A. SARDJONO TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA . ARTIKEL PENELITIAN, 1-12.

Iindawati, Lizawati, Uray Titin Hiswari. (2020). NILAI MORAL DALAM NOVEL CINTA 2 KODI KARYA ASMA NADIA . EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Maharina, B. D. (2020). Nilai Moral dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya A. Fuadi (Kajian Moralitas James Rachels). Volume 01 Nomor 01, 1-15.

Novita Linda Sari, Emi Agustina, dan Bustanuddin Lubis. (2019). NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume III, Nomor I, 55-65.

Putri Aulan Dari, tAUFIK dERMAWAN. (2018). NILAI-NILAI MORAL SOSIAL DAN POTENSINYA UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KUPU-KUPU PELANGI KARYA LAURA KHALIDA. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan , 139-146.

Santi Wachyuning Lestari, Trie Utari Dewi. (2020). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SANG JUARA KARYA AL KADRL JOHAN: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa & Sastra, 273-288.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

execute(); ?>