Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana di SMA PUI Gegesik

Authors

  • Mohammad Rizky Krisnaputra Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Muhammad Anis Al Hilmi Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11135

Keywords:

Literasi Finansial, Remaja, Pengabdian Masyarakat, Pencatatan Keuangan

Abstract

Berangkat dari rendahnya literasi keuangan remaja yang berpotensi menghambat kemandirian ekonomi mereka di masa mendatang, sebuah kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMA PUI Gegesik dengan fokus pada pelatihan pencatatan keuangan dasar bagi siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya pencatatan keuangan, membekali mereka dengan keterampilan membuat catatan pendapatan dan pengeluaran sederhana, serta menumbuhkan kebiasaan mengelola uang saku secara efektif. Metode pelaksanaannya terdiri dari tiga tahap: penyampaian materi pencatatan keuangan dasar, praktik pencatatan pendapatan dan pengeluaran harian, dan diskusi kelompok untuk merefleksikan hasil pencatatan siswa. Kegiatan ini didukung dengan penyediaan format pencatatan sederhana yang dapat digunakan secara mandiri. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya pencatatan keuangan dan munculnya kesadaran baru dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran. Meskipun masih terdapat kendala dalam mencapai konsistensi pencatatan, siswa mulai mampu membedakan kebutuhan dan keinginan serta menunjukkan antusiasme untuk melanjutkan praktik pencatatan keuangan. Dampak jangka panjang dari pelatihan ini diharapkan adalah terbentuknya kebiasaan pengelolaan keuangan yang positif, sehingga siswa dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih mandiri dan disiplin, serta mempersiapkan diri menghadapi tantangan ekonomi di masa mendatang.

References

Ari Atu Dewi, A. A. I. (2018). Model Pengelolaan Wilayah Pesisir Berbasis Masyarakat: Community Based Development. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 18(2). https://doi.org/10.30641/dejure.2018.v18.163-182

Detman, D., & Marjohan. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Siswa Fase F di SMKN 5 Padang. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 5(2), 231–254. https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i2.1309

Effendi, M. S., Marhalinda, M., Fernando, V., Syarif, R., Nursina, N., & Kuswanti, K. (2025). Literasi Manajemen Keuangan Untuk Siswa SMA. IKRA-ITH ABDIMAS, 9(1), 21–27.

Fitriane, A., & Setyawan, S. (2023). Tingkat literasi keuangan siswa SMA Santa Maria Cirebon. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 3(1), 242–248.

Hendra, & Afrizal, A. (2020). Pengaruh kontrol diri, literasi keuangan, dan inklusi keuangan terhadap perilaku menabung mahasiswa prodi manajemen fakultas ekonomi universitas pasir pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Malik, A. I., & Puteri, K. A. (2023). Model Pemberdayaan Masyarakat Pesisir untuk Meningkatkan Ekonomi, Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Riset Sains dan Teknologi Kelautan. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i2.31736

Miftahussalam, M., Ratumbuysang, M. F. N. G., Rahmattullah, M., & Rizky, H. M. (2024). Pengaruh Literasi Finansial Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Siswa Kelas XI SMA Global Islamic Boarding School. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(2), 190–195.

Pamungkas, B. A., Mulyanto, H., & Andriyani, M. (2022). Literasi Keuangan dan Pendapatan Usaha dalam Mempengaruhi Perilaku Menabung Pelaku UKM. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(2). https://doi.org/10.37366/master.v1i2.70

Pathurahman, P., Mir’atussholiha, B. K., Widodo, M. R., Aulia, A. Y., Nurmawanti, N., Ningsih, S. A., Islamy, R., Humaeroh, H. L., Wardana, A. B., Ferawati, F., & MZ, R. R. (2023). Pengembangan Kreativitas Masyarakat Desa Sambelia dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Pengolahan Keripik Jagung dengan Proses Sederhana. Jurnal Wicara Desa, 1(6). https://doi.org/10.29303/wicara.v1i6.3471

Putri, T. P., & Susanti. (2018). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3).

Sekarwati, M. A., & Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa perguruan tinggi negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen, 16(2).

Setiawan, E. (2023). Penguatan Literasi Keuangan pada Siswa SMA Assa’adah. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 104–108.

Siti Nurhalita, & Imsar. (2022). Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Langkat. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.31949/maro.v5i1.2282

Styaningrum, F. (2021). Konsep Sistem Ekonomi Kerakyatan dalam Pemberdayaan UMKM Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(8). https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i08.p01

Suharto, E. (2009). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Rafika Aditama.

Ulum, M. C., & Anggaini, N. L. V. (2020). Community empowerment: Teori dan praktik pemberdayaan komunitas. Universitas Brawijaya Press.

Published

2025-10-27

How to Cite

Krisnaputra, M. R., & Hilmi, M. A. A. (2025). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana di SMA PUI Gegesik. Jurnal Pintar Abdimas, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11135

Citation Check