Pemberdayaan Masyarakat Desa Cidahu Melalui Re-Branding UMKM Opak sebagai Produk OVOP dan Pembuatan Plang Gang Jalan pada Kegiatan KKN-T Universitas Swadaya Gunung Jati
DOI:
https://doi.org/10.33603/jpas.v3i2.11132Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Desa Cidahu, KKN-T, OVOP, Re-branding, Rambu Jalan, UMKM OpakAbstract
Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Swadaya Gunung Jati merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfokus pada pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, dengan latar belakang kebutuhan peningkatan identitas produk lokal serta penataan lingkungan desa. Tujuan utama program adalah memberdayakan masyarakat melalui re-branding UMKM Opak sebagai produk unggulan desa (One Village One Product/OVOP) dan pemasangan plang gang jalan untuk meningkatkan keteraturan serta aksesibilitas wilayah. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, penyebaran kuesioner, diskusi partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan citra produk UMKM melalui pembuatan logo, dan desain kemasan baru. Pemasangan plang gang jalan mempermudah mobilitas warga, memberikan kejelasan arah, memperkuat identitas desa, dan meningkatkan keselamatan lalu lintas. Kesimpulannya, kegiatan KKN-T tidak hanya berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal, tetapi juga memperbaiki tata kelola lingkungan berbasis partisipasi masyarakat. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya dukungan dan pendampingan berkelanjutan dari berbagai pihak agar manfaat yang dihasilkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat Desa Cidahu.
References
Ayu Sestiani, R., Muhid, A., & Sunan Ampel Surabaya, U. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2).
Defri, I., Al Furkhon, A., Anastasia, B. W., & Saputro, E. A. (2022). Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru yang Unik dan Menarik. Abdi-Mesin Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(1). https://doi.org/10.33005/abdi-mesin.v2i1.24
Elvandari, D. A., Anwar, S., & Kasogi, M. A. (2025). Dinamika Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa. Jurnal DPMR (Desentralisasi Dan Pembangunan Masyarakat Regional), 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61731/dpmr.v5i1.44191
Fatkhiati, F. (2023). Bullying Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20235
Ghozali, M., & Haqq, A. A. (2018). Program Participatory Action Research Melalui Pendekatan Dakwah Bil Hal. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2). https://doi.org/10.24235/orasi.v9i2.3696
Hannan, A. (2018). Strategi Penguatan Pembangunan Madura Yang Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Nilai Kearifan Lokal. SIMULACRA: JURNAL SOSIOLOGI, 1(1). https://doi.org/10.21107/sml.v1i1.4982
Indonesia, K. K. R. (2021). Buku Pedoman Promosi Kesehatan di Desa.
Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1). https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education.
Rachmansyah, M. R., Dana, A. R. R., Rizqullah, A. N., Haydar, A. F., Yazid, F., Novrianto, M. H., & Arum, D. P. (2022). Pendampingan Re-Branding Produk Dawet Kelor Di Kwt Dewi Sartika Kota Blitar. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).
Rafdinal, W., Putri, Y., & Ridhaningsih, F. (2020). Model Loyalitas Merek pada Teh Kemasan di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi (JRBI Polban), 6(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i2.1923
Ramadona, D. D., & Ajidin, A. (2024). Implementasi Kebijakan One Village One Product (OVOP) Terlaksana Pada Kampung Rendang Di Kota Payakumbuh. Journal Public UHO, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i3.505
Safira, I., & Suriani, A. (2025). Masalah Perundungan (Bullying) di SD dan Cara Pencegahannya. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(4), 322–329. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v3i4.2018
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6, Pub. L. No. 6 (2014).
Widiyanti, A. (2018). A Comparative Study: One Village One Product (OVOP) as an Engine of Local Economic Development in Japan and Indonesia. https://doi.org/10.32630/sukowati.v1i2.25