Pemberdayaan Masyarakat Desa Cidahu Melalui Re-Branding UMKM Opak sebagai Produk OVOP dan Pembuatan Plang Gang Jalan pada Kegiatan KKN-T Universitas Swadaya Gunung Jati

Authors

  • Bayu Rayhan Syawaludin Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Ocha Aulia Marsinda Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Maslahatul Mahamudah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Rifqi Faijar Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Rijal Ardhi Purnama Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Steven Julianto Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Firlyana Frischa Nabilla Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Dwi Setiawan Julyanto Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Mohammad Indrawan Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Fikri Izzan Al- Anshah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Melinda Affrina Saputri Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Nur Wulan Imadri Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Ageng Fitra Aidin Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpas.v3i2.11132

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Desa Cidahu, KKN-T, OVOP, Re-branding, Rambu Jalan, UMKM Opak

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Swadaya Gunung Jati merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfokus pada pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, dengan latar belakang kebutuhan peningkatan identitas produk lokal serta penataan lingkungan desa. Tujuan utama program adalah memberdayakan masyarakat melalui re-branding UMKM Opak sebagai produk unggulan desa (One Village One Product/OVOP) dan pemasangan plang gang jalan untuk meningkatkan keteraturan serta aksesibilitas wilayah. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, penyebaran kuesioner, diskusi partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan citra produk UMKM melalui pembuatan logo, dan desain kemasan baru. Pemasangan plang gang jalan mempermudah mobilitas warga, memberikan kejelasan arah, memperkuat identitas desa, dan meningkatkan keselamatan lalu lintas. Kesimpulannya, kegiatan KKN-T tidak hanya berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal, tetapi juga memperbaiki tata kelola lingkungan berbasis partisipasi masyarakat. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya dukungan dan pendampingan berkelanjutan dari berbagai pihak agar manfaat yang dihasilkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat Desa Cidahu.

References

Ayu Sestiani, R., Muhid, A., & Sunan Ampel Surabaya, U. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2).

Defri, I., Al Furkhon, A., Anastasia, B. W., & Saputro, E. A. (2022). Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru yang Unik dan Menarik. Abdi-Mesin Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(1). https://doi.org/10.33005/abdi-mesin.v2i1.24

Elvandari, D. A., Anwar, S., & Kasogi, M. A. (2025). Dinamika Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa. Jurnal DPMR (Desentralisasi Dan Pembangunan Masyarakat Regional), 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61731/dpmr.v5i1.44191

Fatkhiati, F. (2023). Bullying Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20235

Ghozali, M., & Haqq, A. A. (2018). Program Participatory Action Research Melalui Pendekatan Dakwah Bil Hal. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2). https://doi.org/10.24235/orasi.v9i2.3696

Hannan, A. (2018). Strategi Penguatan Pembangunan Madura Yang Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan Nilai Kearifan Lokal. SIMULACRA: JURNAL SOSIOLOGI, 1(1). https://doi.org/10.21107/sml.v1i1.4982

Indonesia, K. K. R. (2021). Buku Pedoman Promosi Kesehatan di Desa.

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1). https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education.

Rachmansyah, M. R., Dana, A. R. R., Rizqullah, A. N., Haydar, A. F., Yazid, F., Novrianto, M. H., & Arum, D. P. (2022). Pendampingan Re-Branding Produk Dawet Kelor Di Kwt Dewi Sartika Kota Blitar. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).

Rafdinal, W., Putri, Y., & Ridhaningsih, F. (2020). Model Loyalitas Merek pada Teh Kemasan di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi (JRBI Polban), 6(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i2.1923

Ramadona, D. D., & Ajidin, A. (2024). Implementasi Kebijakan One Village One Product (OVOP) Terlaksana Pada Kampung Rendang Di Kota Payakumbuh. Journal Public UHO, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i3.505

Safira, I., & Suriani, A. (2025). Masalah Perundungan (Bullying) di SD dan Cara Pencegahannya. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(4), 322–329. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v3i4.2018

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6, Pub. L. No. 6 (2014).

Widiyanti, A. (2018). A Comparative Study: One Village One Product (OVOP) as an Engine of Local Economic Development in Japan and Indonesia. https://doi.org/10.32630/sukowati.v1i2.25

Published

2025-10-29

How to Cite

Syawaludin, B. R., Marsinda, O. A., Mahamudah, M., Faijar, R., Purnama, R. A., Julianto, S., … Aidin, A. F. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cidahu Melalui Re-Branding UMKM Opak sebagai Produk OVOP dan Pembuatan Plang Gang Jalan pada Kegiatan KKN-T Universitas Swadaya Gunung Jati. Jurnal Pintar Abdimas, 3(2), 123–133. https://doi.org/10.33603/jpas.v3i2.11132

Citation Check