Sinergi Mahasiswa dan Masyarakat: Membangun Desa Ciledug Kulon Mandiri dan Sejahtera

Authors

  • Abdul Jalil Hermawan Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Muhammad Rehan Nugraha Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Yudan Hartawan Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Muhamad Septin Muchtadin Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Amanda Nurfadillah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Khaerunnisanatun Khaerunnisanatun Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Martha Tribuana Paramitha Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Dhea Aprilia Putri Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Anita Simanjuntak Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Fajar Ramadhan Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Wildan Nurbayan Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Sindi Solihatun Adha Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Febriana Listanti Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Gita Bela Permata Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Reza Ilham Alfarizi Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11131

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, UMKM, Literasi digital, Tata Kelola desa

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2025 Kelompok 63 Universitas Swadaya Gunung Jati dilaksanakan di Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Desa ini memiliki potensi pertanian, UMKM, serta seni budaya yang menjanjikan, namun menghadapi permasalahan berupa keterbatasan branding produk lokal, rendahnya literasi digital dan sosial siswa, kurangnya kesadaran terhadap kebersihan lingkungan, serta lemahnya tata kelola administrasi desa. Kegiatan KKN ini difokuskan untuk menjawab permasalahan tersebut melalui pemberdayaan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif-deskriptif dengan observasi lapangan, wawancara, pelatihan, pendampingan, serta sosialisasi kepada masyarakat dan siswa. Pendekatan ini dipilih untuk memperoleh gambaran mendalam sekaligus menghasilkan solusi praktis dalam pengembangan UMKM, peningkatan literasi, pelestarian lingkungan, dan penguatan tata kelola desa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan identitas dan pemasaran UMKM melalui Google Maps, banner, dan label kemasan; peningkatan kesadaran literasi digital dan anti-bullying di SDN 1 Ciledug Kulon; tumbuhnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan melalui program GEBER dan senam gembira; serta tersusunnya profil desa, papan penanda RT, dan buku administrasi tamu. Secara keseluruhan, kegiatan KKN ini berkontribusi positif dalam mendukung kemandirian dan kesejahteraan Desa Ciledug Kulon.

References

Astika, A. N., & Sri Subawa, N. (2021). Evaluasi pembangunan desa berdasarkan Indeks Desa Membangun. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 5(2), 223–232. https://doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.223-232

Handayani, L., Kusuma, R., & Pratiwi, S. (2021). Partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan dampaknya terhadap kesehatan publik. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(3), 78–89.

Harmadi, A. (2020). Indikator pembangunan desa di Indonesia: Ditinjau dari ketidaksesuaian indikator pengukuran pembangunan desa. TNP2K, 01(4).

Kurniawan, A., & Nugroho, B. (2020). Literasi digital pada anak usia dini: Pengaruh terhadap pola pikir kritis dan penggunaan teknologi sehat. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 112–125.

Kusuma, D., & Wibowo, A. (2022). Digitalisasi administrasi desa di Jawa Tengah: Analisis korelasi dengan kepuasan pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik, 18(1), 45–62.

Lasa, I. K., & Kaja, I. W. (2022). Model pembangunan desa berbasis potensi lokal. Jurnal Pembangunan Daerah, 14(2), 156–171.

Lasa, L., & Kaja, K. (2022). Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa. FOKUS: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 20(2).

Malo, M., & Trisnoningtias, S. (1986). Metode penelitian masyarakat [sebagai sitiran sekunder dalam Prakoso, 2015].

Martini, M., & Windarto, W. (2020). Pemberdayaan sekolah dalam pengelolaan sampah sebagai bahan pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.995

Martini, S., & Windarto, P. (2020). Optimalisasi potensi desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Ekonomi Desa, 7(3), 201–218.

Prakoso, B. (2015). Metodologi penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Universitas Indonesia Press.

Putri, R., Sari, M., & Dewi, N. (2021). Pemberdayaan UMKM berbasis digital: Strategi peningkatan daya saing di era ekonomi digital. Jurnal Kewirausahaan, 13(2), 89–102.

Rahmawati, F., Kusuma, I., & Pratama, D. (2022). Transformasi digital UMKM: Dampak terhadap perluasan pasar dan peningkatan omzet. Jurnal Ekonomi Digital, 9(1), 34–47.

Santoso, A., & Pratiwi, L. (2019). Digitalisasi administrasi desa: Kontribusi terhadap transparansi dan kualitas pelayanan publik. Jurnal Governance, 11(2), 167–182.

Sari, D., & Putra, A. (2023). Literasi digital dan perilaku sosial siswa sekolah dasar di era teknologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 123–135.

Tambunan, T. (2019). Pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pembangunan ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(1), 45–60.

Published

2025-10-23

How to Cite

Hermawan, A. J., Nugraha, M. R., Hartawan, Y., Muchtadin, M. S., Nurfadillah, A., Khaerunnisanatun , K., … Alfarizi, R. I. (2025). Sinergi Mahasiswa dan Masyarakat: Membangun Desa Ciledug Kulon Mandiri dan Sejahtera. Jurnal Pintar Abdimas, 2(2), 122–132. https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11131

Citation Check