Pengabdian kepada masyarakat dalam Mengembangkan Desa Di Sektor Lingkungan Hidup, UMKM, Pendidikan, Kesehatan, Dan Potensi Wisata Desa Kedokan Agung

Authors

  • Yeni Rohaeni Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Rangga nur Febriansyah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Fahmi Rifaldi Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Tommy Surasna Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Nurull Try Anana Nasiroh Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Adinda Maharani Budiana Raharjo Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Nepy Yayah Al Pasah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Imanda Pramestian Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Nanda Silfia Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Nur Afni Apriliandani1 Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11130

Keywords:

lingkungan hidup, UMKM, pendidikan, kesehatan, potensi wisata

Abstract

Desa Kedokan Agung terletak di Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Salah satu pilar dari tri dharma perguruan tinggi di Indonesia adalah pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Swadaya Gunung Jati. Untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Desa Kedokan Agung ini, instrumen yang mudah digunakan adalah analisis SOAR, digunakan untuk memetakan masalah dan kebutuhan Desa. Setelah analisis selesai, program kerja yang sesuai dengan kebutuhan Desa disusun. Program kerja mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati meliputi lingkungan hidup, usaha kecil dan menengah (UMKM), pendidikan, kesehatan, dan desa wisata. Hasil program KKN ditampilkan dengan antusiasme masyarakat yang tinggi.

References

Anwas. (2016). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Kementerian Kesehatan RI.

Badger, J. R., Bowes, L., Salmivalli, C., & Hastings, R. P. (2023). Adapting an anti-bullying programme for UK special schools. Support for Learning, 38(4). https://doi.org/10.1111/1467-9604.12457

BPS. (2020). Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. BPS.

Chotim, E. E. (2020). Pembangunan Berkelanjutan Dengan Dimensi Ekonomi, Ekologi, dan Sosial di Indonesia. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1).

Depari, E. T. (2024). Pembangunan Berkelanjutan: Integrasi Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Journal Circle Archive, 1(5), 1–13.

Distina, P. P. (2019). Program Anti-Bullying Sebagai Pencegahan Dan Penanganan Perilaku Bullying Di Pesantren. Tawshiyah, 14(2).

Garandeau, C. F., Laninga-Wijnen, L., & Salmivalli, C. (2022). Effects of the KiVa Anti-Bullying Program on Affective and Cognitive Empathy in Children and Adolescents. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 51(4). https://doi.org/10.1080/15374416.2020.1846541

Ghozali, M., & Haqq, A. A. (2018). Program Participatory Action Research Melalui Pendekatan Dakwah Bil Hal. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2). https://doi.org/10.24235/orasi.v9i2.3696

Indrianti, T., Yusmiati, & Santoso, B. (2022). Pembangunan Berkelanjutan. In LPPM UPN VETERAN Yogyakarta, 951–952. Vol. 5, Issue 1.

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Buku Pedoman Imunisasi. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Pedoman Posyandu. Jakarta: Kemenkes RI.

Kurnia, I., Simon, I. M., Trihastuti, M. C. W., & Wanei, G. K. (2008). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Mc Naughton, L., & Wolf, L. L. (1998). Ekologi Umum (alih bahasa dari General Ecology). Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Munandar, A. I., Darjono, A. H., SE, M. M., & Zeffa Aprilasani, S. T. (2019). Pembangunan Berkelanjutan: Studi Kasus Di Indonesia. Bypass.

Nasution, A. M., Ulfa, N., & Harahap, N. (2024). Strategi Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 208–216.

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1).

Niken Pratiwi, Santoso, D. Budi, & Khusnul Ashar. (2018). Analisis Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 18(1).

Rawlings, J. R., & Stoddard, S. A. (2019). A Critical Review of Anti-Bullying Programs in North American Elementary Schools. Journal of School Health, 89(9). https://doi.org/10.1111/josh.12814

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Suanta, M. (2016). Pengaruh Sanitasi Lingkungan Tempat Tinggal Dan Karakteristik Sosial Ekonomi Rumah Tangga Terhadap Terjadinya Diare Pada Balita Di NTT (Analisis Lanjut Data Susenas 2012). Bumi Lestari Journal of Environment, 16(2), 119. https://doi.org/10.24843/blje.2016.v16.i02.p05

Suyanto. (2001). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Pendidikan Nasional dalam era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: Uhamka Ekspres.

World Health Organization (WHO). (2020). Immunization Coverage. Geneva: WHO.

Yoshikawa, T., & Lee, J. (2018). Kebijakan Bio-Ekonomi Thailand dan Pembangunan Berkelanjutan. Keberlanjutan, 10(6), 1951.

Published

2025-10-23

How to Cite

Rohaeni, Y., Febriansyah, R. nur, Rifaldi, F., Surasna, T., Anana Nasiroh, N. T., Budiana Raharjo, A. M., … Apriliandani1, N. A. (2025). Pengabdian kepada masyarakat dalam Mengembangkan Desa Di Sektor Lingkungan Hidup, UMKM, Pendidikan, Kesehatan, Dan Potensi Wisata Desa Kedokan Agung. Jurnal Pintar Abdimas, 2(2), 107–121. https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11130

Citation Check