Strategi Penguatan Minat Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Program KKN di Desa Weru Kidul Kabupaten Cirebon

Authors

  • Aulia Rahmah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia
  • Farida Nurfalah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Padila Hamzah Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Jemmy Prayoga Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Irsyaddu Ilham Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11126

Keywords:

Literacy, Reading Interest, Elementary School, KKN, Weru Kidul Village, Community-Based Education

Abstract

Rendahnya tingkat minat literasi di kalangan anak-anak di daerah pedesaan tetap menjadi tantangan besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penguatan minat literasi anak SD melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (KKN) di Desa Weru Kidul, Kabupaten Cirebon. Diterapkan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan siswa, guru, anak-anak, dan masyarakat setempat. Kegiatan tersebut meliputi renovasi perpustakaan desa, kampanye kesadaran literasi di sekolah, pendekatan persuasif kepada siswa dan orang tua, kompetisi interaktif, dan sesi pembelajaran kelompok kecil. Temuan ini menunjukkan peningkatan minat membaca, kepercayaan diri anak-anak dalam membaca dengan lantang, dan antusiasme yang lebih besar dalam kegiatan terkait literasi. Selanjutnya, orang tua dan anggota masyarakat menjadi lebih sadar akan peran mereka dalam menumbuhkan budaya literasi. Penggunaan metode interaktif dan partisipatif menciptakan lingkungan belajar positif yang membuat kegiatan literasi lebih menarik dan bermakna. Studi ini menyimpulkan bahwa program literasi KKN dapat berkontribusi secara efektif terhadap pengembangan budaya membaca di daerah pedesaan dan dapat menjadi model strategis untuk inisiatif pendidikan berbasis masyarakat di Indonesia.

References

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020a). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020b). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Dan Kewajiban Warga Negara, H., Tua Dan Pemerintah, O., Indah Elisabet Tambun, S., Sirait, G., & Simamora, J. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah.

Hanyfah, S., Ryan Fernandes, G., Budiarso, I., & RayaiTengah Nomor, J. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash.

Ilma Sari, Fazlia, J., Wiwin Agus Salim, Baiq Sri Wahyuni, & Djafar, L. M. B. (2024). Program literasi berbasis komunitas untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di SD Negeri 2 Sapit. ALPATIH: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.70115/alpatih.v2i1.195

Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa, D., dan, T., Program Studi Pendidikan Sosiologi, D., & Bima Jalan Piere Tendean Kel Mande, S. (2022). LITERASI SEBAGAI PRAKTIK BUDAYA. In 58 Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi (Vol. 5).

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Markus, S. (2019). The Programme for International Student.

Moleong, L. J. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. in metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin (Issue Maret). Https://Scholar. Google. Com/Citations.

Muhidin, A. (2020). Skripsi Sarjana Kependidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif (Vol. 1). Aeng Muhidin.

Susriyanti, S., Yeni, F., & Yulasmi, Y. (2022). Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3). https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.141

Tetui, M., Coe, A. B., Hurtig, A. K., Bennett, S., Kiwanuka, S. N., George, A., & Kiracho, E. E. (2017). A participatory action research approach to strengthening health managers’ capacity at district level in Eastern Uganda. Health Research Policy and Systems, 15. https://doi.org/10.1186/s12961-017-0273-x

Tjodi, A. M., Rotinsulu, T. O., & Kawung, G. M. V. (2019). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan Dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Melalui Pertumbuhan Ekonomi (Studi Di Provinsi Sulawesi Utara). Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(8). https://doi.org/10.35794/jpekd.23428.19.8.2018

Widiyanto, A., Setiawan Wahyu, A., Syauqi Mubarok, A., Ludfi Anshori, M., Mukhofi, L., Aditya Pradana, K., Tri Atmojo, J., Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia, I., & Tinggi Ilmu Kesehatan Mambaul ulum, S. (n.d.). Pengabdian Masyarakat Pendidikan Kesehatan Tentang Manfaat Senam Diabetes Pada Lansia Di Desa Garangan, Wonosamodro, Boyolali. http://journal.stie-yppi.ac.id/index.php/bam

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Published

2025-10-27

How to Cite

Rahmah, A., Nurfalah, F., Hamzah, P., Prayoga, J., & Ilham, M. I. (2025). Strategi Penguatan Minat Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Program KKN di Desa Weru Kidul Kabupaten Cirebon . Jurnal Pintar Abdimas, 2(2), 133–143. https://doi.org/10.33603/jpas.v2i2.11126

Citation Check