Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Megaria Refwalu, Wilmintjie Mataheru, Christina Martha Laamena

Sari


Komunikasi matematis merupakan kecakapan peserta didik dalam menyampaikan ide-ide matematisnya, baik secara tulisan maupun lisan. Komunikasi matematis diperlukan dalam pembelajaran matematika, terutama saat memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII di salah satu SMP Negeri Kota Ambon dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data, yaitu pendidik matematika dan peserta didiknya. Subjek yang dipilih berdasarkan hasil tes berjumlah 3 orang yaitu 1 subjek dengan nilai matematika tinggi, 1 subjek dengan nilai matematika sedang, dan 1 subjek dengan nilai matematika rendah. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis yang memuat 3 butir soal uraian dan hasil wawancara.  Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek T (subjek berkemampuan tinggi) memenuhi semua indikator komunikasi matematis tulisan dan lisan, subjek S (subjek berkemampuan sedang) memenuhi 2 indikator komunikasi matematis tulisan dan lisan, dan subjek R (subjek berkemampuan rendah) hanya memenuhi indikator kemampuan memahami ide-ide matematis secara lisan. Rekomendasi kepada pendidik matematika di sekolah agar dapat menumbuhkembangkan komunikasi matematis peserta didik dan membiasakan peserta didik menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah Polya dalam menyelesaikan persoalan matematika. 



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Gaya Kognitif. PAEDAGOGIA, 20(1), 78-87. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. In Macmillan Publishing.

Cahyati, R., Mustangin, M., & Hasana, S. N., (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP PGRI Wonotirto. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran (JP3), 16(2), 38-47

Clark, K. K. (2005). Strategies for Building Mathematical Communication in the Middle School Classroom: Modeled in Professional Development, Implemented in The Classroom. CIME (Current Issues in Middle Level Education), 11(2), 1-12

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43-72 https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403

Hulukati, E. (1997). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Humonggio, I., Abbas, N., & Ismail, Y. (2013). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tibawa. Jurnal Matematika 1(1), 1-10.

Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2) 143-149 https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematikam, 1(1), 183-196

Isroil, A., Budayasa, I. K., & Masriyah, M. (2017). Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 93-105. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105

Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 61-75 https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.56

Laamena, C. M., Nusantara, T., Irawan, E. B., & Muksar, M. (2018) Analysis of the Students ' Argumentation Based on The Level of Ability: Study on the Process of Mathematical Proof. In Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 12-56.

Laamena, C. M. & Nusantara, T. (2019). Prospective Mathematics Teachers’Argumentation Structure when Constructing a Mathematical Proof: The Importance of Backing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 12(1), 43-59. https://doi.org/10.20414/betajtm.v12i1.272

Laamena, C. M., Laurens, T. (2021). Mathematical Literacy Ability and Metacognitive Characteristics of Mathematics Pre-Service Teacher. Infinitiy Journal of Mathematics Education, 10(2), 259–270. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p259-270

Lutfianannisak, L., & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.1-8

Maharani, D., & Ramlah. (2021). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Segitiga dan Segiempat. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 287-294. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.287-294

NCTM. (2000). Executive Summary : Principles and Standards for School Mathematics Overview. The Arithmetic Teacher.

Pane, N. S. P. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).97-109. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1779

Pugalee, D. K. (2001). Using Communication to Develop Students’ Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 296-299

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Materi Pecahan oleh Siswa SMP ditinjau dari Tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146-154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104

Siniguian, M. T. (2017). Students Difficulty in Solving Mathematical Problems. IJAREAS: International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences, 6(2), 1-12.

Sugiarto, H., & Budiarto, M. T. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 3(3), 1-6. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25p

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung: Universias Pendidikan Indonesia

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice, 6(32), 27-31

Widayanti, E., & Anggraeni, S. A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 115-128. https://doi.org/10.36526/tr.v3i02.754

Wijaya, H. P., Sujadi, I., & Riyadi., R. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gender dalam Pemecahan Masalah pada Materi Balok dan Kubus (Studi Kasus pada Siswa SMP Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778–788.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209-219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95

Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109-114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>