PERBANDINGAN KURIKULUM MATEMATIKA KELAS V-VI DI INDONESIA DAN IRLANDIA

Nuhyal Ulia, Iwan Junaedi, Mulyono Mulyono

Abstract


Kurikulum menjadi hal yang sangat penting bahkan dapat menunjukkan keberhasilan suatu negara. Perubahan kurikulum dilakukan dengan tujuan untuk perbaikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Lembaga evaluasi tingkat internasional seperti PISA dan TIMSS menjadi acuan dalam mengembangkan kurikulum. Berdasarkan hasil PISA 2018 diperoleh Indonesia berada pada peringkat 74 sedangkan Irlandia pada peringkat 8. Sedangkan hasil TIMSS 2015 menggambarkan Indonesia berada pada peringkat 44 sedangkan Irlandia pada peringkat 9. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kurikulum matematika kelas V-VI di Irlandia dan Indonesia ditinjau dari tujuan dan struktur kurikulum pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan studi literature terkait dokumen kurikulum di Indonesia dan Irlandia. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi berupa dokumen kurikulum, peratudan dan undang-undang,  dan hasil penelitian dari artikel jurnal yang relevan. Struktur kurikulum matematika kelas V-VI di Indonesia adalah bilangan, geometri, pengukuran, dan pengolahan data. Sedangkan di Irlandia meliputi bilangan, aljabar, bangun dan ruang, pengukuran dan data. Kompetensi yang dikembangkan pada matematika dasar di Irlandia yaitu mengembangkan sikap positif matematika, pemecahan masalah, pemahaman konsep matematika, kemahiran dan ketrampilan dasar matematika, dan komunikasi matematika. Sedangkan di Indonesia yaitu Pemahaman konsep, komunikasi, penalaran, sikap menghargai matematika dan pemecahan masalah.


References


Alhamuddin. 2017. “Studi Perbandingan Kurikulum Pendidikan Dasar Negara Federasi Rusia Dan Indonesia.” Al Murabbi 3(2):123–41.

Department of Education and Science. 1999. Introduction Curaclam Na Bunscoile.Irlandia

Hadi, Syamsul, and Novaliyosi. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 562–69.

Hawa, Anni Malihatul, and Lisa Virdinarti Putra. 2018. “PISA Untuk Siswa Indonesia.” Janacitra 1(1):1–8.

Hewi, La, and Muh Shaleh. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4(01):30–41.

Julaeha, Siti. 2019. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):157.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum SD/MI. Vol. 43.

Kristiawan, Muhammad. 2019. Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center website: https://timssandpirls.bc.edu/timss2019/international-results/

Muhammedi. 2016. “Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal.” Raudhah IV(1):49–70.

Nuraini, Latifah. 2019. “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1(2).

OECD. 2019. “Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018.” Oecd 1–10.

Parliament, European, Member States, Rapporteur Anni Podimata, The Ftt, This Ftt, Hong Kong, As Ftt, and Preferably Eu-wide. 2011. “Press Release PISA 2018-National Result for Ireland.” (20120523):32–33.

Safari, Yahya, Alireza Khatony, and Mohammad Rasoul Tohidnia. 2020. “The Hidden Curriculum Challenges in Learning Professional Ethics among Iranian Medical Students: A Qualitative Study.” Advances in Medical Education and Practice 11:673–81.

Setiadi, Hari. 2016. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20(2):166–78.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Al-Fabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v9i1.5383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>