PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA

Mohammad Dadan Sundawan

Abstract


Tujuan utama dari pengajaran matematika di setiap jenjang pendidikan  adalah terciptanya kemampuan siswa yang tercermin dalam berpikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sifat objektif serta disiplin dalam memecahkan suatu permasalahan matematik. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Model pembelajaran konstruktivisme merupakan proses di mana siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Sedangkan pemecahan masalah sendiri merupakan konsep belajar yang tingkatnya paling tinggi dibandingkan dengan tipe belajar lainnya.Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah berupa tes uraian yang harus diselesaikan dengan langkah- langkah pemecahan masalah menurut Polya.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya dengan jumlah seluruhnya 411 siswa. Sedangkan sampel diambil secara acak menurut kelas, kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 46 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah 45 siswa. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, dari hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil perhitungan thitung >t(1-α) (db) maka tolak Ho dan H1 diterima dengan alpha sama dengan 1%. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.

Kata Kunci : Model pembelajaran konstruktivisme, kemampuan pemecahan masalah matematik


References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Willis. 1991. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Hamzah. 2001. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Konstruktivisme (edisi 40). Tersedia

. Pusat Data dan Informasi Pendidikan.Balitbang.

http://www.Depdiknas.60.id/jurnal/ 40/Pembelajaran%20matematika%2 0teori%20belajar%20konstruksi.ht m

Ratnaningsih, Nani. 2008. Berbagai Keterampilan Berfikir Matematik. Makalah Seminar Pendidikan Matematika Tasikmalaya: Tidak Dipublikasikan.

Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Tim MKPBM, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Wardani, Sri. 2002. Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Tesis UPI : Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i2.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>