Bahan Ajar Digital Teks Novel Berorientasi Karakter Jujur

Aniq Jihan Furaidah, Abdul Rozak, Sobihah Rasyad

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain bahan ajar digital teks novel berorientasi karakter jujur.  Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model desain ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kartu data, lembar validasi, dan lembar implementasi. Data yang telah ditemukan berupa nilai karakter jujur dalam novel Korupsi karya Pramoedya Ananta Toer. Data tersebut diolah dengan cara analisis deskriptif untuk mengembangkan materi pada bahan ajar digital teks novel berbentuk modul digital. Hasil validasi modul digital mendapatkan penilaian sebesar 90% dari ahli media dan 90% dari ahli materi. Sedangkan guru bahasa Indonesia memberikan persentase sebesar 90,31%. Hasil implementasi memperoleh rata-rata persentase untuk siswa berkemampuan kognitif tinggi sebesar 97,5%, siswa dengan kemampuan kognitif sedang sebesar 96,25%, dan siswa dengan kemampuan kognitif rendah sebesar 93,5%.

Kata kunci: bahan ajar digital, modul digital, teks novel, karakter jujur


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Agustina, D. Y. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2)

Aprilianti, Y.T., Uswati, S. T., dan Nuryanto, T. (2021) Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Maryamah Karpov: Mimpi-Mimpi Lintang Karya Andrea Hirata Sebagai Bahan Ajar Novel di SMA. Jurnal Disastra, Volume 3, Nomor 1, Januari 2021 ISSN 2655-3031 (P), 2655-7851 (O) DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3306

Batubara, J. (2015) Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 3, No. 1, 1-6. ISSN: 2337-6880

Branch, R. M., (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. United States. Springer US. ISBN: 978-0-387-09505-9,978-0-387-09506-6

Diana, N., Latifah, S., Gunawan, I., Anggriani, L., 2020, June. Physical module based on Higher Order Thinking Skill (HOTS) using 3D pageflip professional. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1572, No. 1, p. 012050). IOP Publishing.

Dinatha, N. M., Kua, M. Y. (2019). Pengembangan modul praktikum digital berbasis nature of science (NOS) untuk meningkatkan higher order thinking skill (HOTS). Journal of Education Technology, 3(4), 293-300.

Indariani, A., Pramuditya, S.A., Firmasari, S., 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), pp.89-95.

Juneri., Rozak. A., Pramuditya, S. A. (2019) Desain Bahan Ajar Digital Materi Fungsi Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Prosiding SEMNAS Matematika 2018 FKIP UNIKU. Halaman 315-328, ISBN. 978-602-50629-1-9

Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam 8 Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219-231.

Mamluah, k., (2017) Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bertokoh Dahlan Iskan dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Novel. Jurnal Dialektika 4(1) P-ISSN:2407-506X, E-ISSN:2502-5201 DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.7003

Nawawi, Imam. 2012. Riyadhus Shalihin, Beirut: Dar al-Kitab al-Islamiyah

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rini, T. A., & Cholifah, P. S. (2020). Electronic Module With Project Based Learning: Innovation of Digital Learning Product on 4.0 Era. Teknologi Pendidikan, 5(2), 155-161.

Rozak, A. & Rasyad, S. 2016. Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Framepublishing.

Sugiharni, G. A. D. (2017). Validitas Isi Instrumen Pengujian Modul Digital Matematika Diskrit Berbasis Open Source di STIKOM Bali. In Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017 (pp. 678–684). Denpasar: STMIK STIKOM Bali.

Yanti, R. Y., Aminoto, T., dan Pujaningsih, F. B. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan 3D PageFlip Professional Materi Atom Hidrogen Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum. Edu-Fisika, 02(01), 12.

Yulando, S., Sutopo, S., Franklin Chi, T. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694-698.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v9i1.6837

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>