Pengembangan Media Animasi Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi

Gempita Anjaly Pierda, Irma Suryani, Rasdawita Rasdawita

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan proses pengembangan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran video animasi materi teks laporan hasil observasi berbasis pembelajaran abad 21. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data dalam penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi proses pengembangan media pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil penilaian media pembelajaran yang berasal dari validator ahli media, ahli materi, respon praktisi dan respon siswa. Data kuantitatif diolah menggunakan skala likert dan rumus N-Gain. Subjek penelitian yaitu peserta didik berasal dari kelas VII di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Kepraktisan media pembelajaran dinilai berdasarkan 3 aspek, yaitu aspek kelayakan konten, kelayakan tampilan, dan aspek teknik kebahasaan dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu, 84,90 berkategori tinggi. Media pembelajaran yang dikembangkan ini tergolong efektif diukur berdasarkan selisih nilai N-Gain tes awal dan tes akhir peserta didik ditinjau dari aspek kognitif dan psikomotorik. Selisih tes awal dan tes akhir aspek kognitif sebesar 0,72 dengan kategori N-Gain tergolong tinggi. Pada aspek psikomotorik, selisih tes awal dan tes akhir sebesaar 0,76 dengan kategori N-Gain tinggi. Berdasarkan hal tersebut, media animasi yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi di jenjang SMP.

Kata kunci: Pengembangan, teks laporan hasil observasi, pembelajaran abad 21


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (communication, collaboration, critical thinking and creative thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.

Hanafi, H., & Islamica, S. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanudin Banten.

Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan pemahaman guru Sekolah Dasar melalui pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis literasi, 4C, PPK dan HOTS. Jurnal Solma, 8(1), 14-23.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang perubahan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Khalimah, D. N., Egar, N., & Umaya, N. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Pada Siswa Kelas VII di SMP Kabupaten Semarang. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 80-92.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat Edisi Pertama. Kencana.

Maidah, B. N., Sugiarti, S., & Putra, B. A. P. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan melalui Metode Sibomber Berbantuan Kuis Interaktif pada Peserta Didik Kelas I-4 SMA Negeri 3 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 87-100.

Maulida, H. (2019). Pengembangan Media Berbasis Animasi Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi pada Siswa Kelas XI MA. Jurnal Bahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, 6(12).

Maulida, S., & Syahrul, R. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 64-71.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Rusdi. M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. PT Rajakrafindo Persada

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153-166.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suryani, N., & Setiawan, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianti, U. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Hasil Observasi yang Interaktif dan Bermuatan Konservasi Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.6818

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>