Analisis Kebutuhan Materi Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Guru Bahasa pada Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu

Gumono Gumono

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara komprehensif  kebutuhan materi mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Guru Bahasa pada Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Metode penelitian yang diterapkan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian berjumlah 32 orang mahasiswa program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia.  Hasil penelitian: 1) materi yang disajikan pada mata kuliah TIK untuk Guru Bahasa belum memenuhi kebutuhan belajar dan pengembangan profesional guru (responden). 2) guru responden menginginkan materi belajar yang mendukung studi dan karir mereka. 3) responden membutuhkan materi belajar meliputi: aplikasi Microsoft Office/sejenis, aplikasi terkait pembelajaran daring, dan aplikasi penunjang penelitian.

Kata Kunci: analisis kebutuhan, bahan ajar, pembelajaran berbasis TIK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Graves, K. 2000. Designing Language Discourses. Heinle & Heinle Publisher.

Hartanto, A. 2018. Making Indonesia 4.0.

Hutchinson, T., & Alan, W. 1987. English for Specific Purposes. Cambridge University Press.

Hyland, K. 2003. Second Language Writing. Cambridge University Press.

Jack C. Richards. 2000. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press.

Kasali, R. 2018. Disruption (9 ed.). Gramedia.

Matthew B. Miles, Huberman, A. M., & Saldaña, J. 2014. Qualitative data analysis: a methods sourcebook (Third Edit). SAGE Publications, Inc.

Nation, I. S. P., & McAllister, J. 2010. Language Curriculum Design (hal. 1–3). Routledge.

Putri, G. S. 2020. WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Kompas. https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global

Risdianto, E. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. academia.edu.

RISTEKDIKTI. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. RISTEKDIKTI.

Satya, V. E. 2018. STRATEGI INDONESIA MENGHADAPI INDUSTRI 4.0.

Stufflebeam, D. L., McCormick, C. H., Brinkerhoff, R. O., & Nelson, C. O. (1985). Conducting Educational Needs Assessments. In Conducting Educational Needs Assessments. Kluwer Nijhoff Publishing. https://doi.org/10.1007/978-94-011-7807-5

Wibawa, S. 2018. Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. https://mpd.ustjogja.ac.id/images/upload/file/UST Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.pdf

Yahya, M. 2018. ERA INDUSTRI 4.0: TANTANGAN DAN PELUANG PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN INDONESIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/dj.v8i1.4547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>