Kajian Dan Praktik Ekranisasi Cerpen Perempuan di Rumah Panggung ke Film Pendek Angkon

Jafar Fakhrurozi, Qadhli Jafar Adrian

Sari


Abstrak. Penelitian ini mengkaji proses pembelajaran ekranisasi dari cerpen Perempuan di Rumah Panggung ke film pendek Angkon. Proses tersebut meliputi proses penafsiran terhadap cerpen dan proses produksi film pendek. Metode yang digunakan adalah kulitatif deskriptif.  Sementara untuk analisis ekranisasi menggunakan teori ekranisasi, transformasi, dan alih wahana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengurangan, penambahan, dan perubahan variasi yang terjadi dari cerpen ke film. Perubahan terjadi pada unsur intrinsik dan ekstrinsik. Perubahan tersebut diakibatkan oleh penafsiran sineas dan demi kepentingan film yang diproduksi. Hasil lain menunjukkan bahwa proses produksi film pendek membutuhkan kerja kolektif dan kolaboratif serta membutuhkan kompetensi khusus di bidang sinematografi

Kata kunci: Pembelajaran, Ekranisasi, Cerpen, Film Pendek, Transformasi, Pengurangan, Penambahan, Perubahan Variasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Fajri dkk, .2015. Analisis Web Series dalam Format Film Pendek (Studi Kasus Web Series 'Malam Minggu Miko Episode Nissa'. Wimba, ISSN:2085-0948.

Aniskurli, Syifa Dkk, .2020. Ekranisasi Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini ke Bentuk film Dua Garis Biru karya Gina S. Noer dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 139-150.

Ardiyanto, DT. 2014. Dari Novel ke Film: Kajian Teori Adaptasi sebagai Pendekatan dalam Penciptaan Film”. Jurnal Panggung 16-24.

Damono, Sapardi Djoko. 2005. Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta : Pusat Bahasa.

Eneste, Pamusuk .1997. Novel dan Film. Flores: Nusa Indah.

Estyaji, Dimas. 2017. Ekranisasi Cerpen Filosofi Kopi dalam Kumpulan Cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari ke Dalam Film Filosofi Kopi Sutradara Angga Dwimas Sasongko. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bahasa dan Sastra S1, Universitas Negeri Yogyakarta.

Faidah, Citra Nur. 2019. Ekranisasi Sastra sebagai Bentuk Apresiasi Sastra Penikmat Alih Wahana. Jurnal Hasta Wiyata.

Fakhrurozi, Jafar dan Qadhli Jafar Adrian. 2020. Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belaja. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Istadiyantha dan Rianna Wati. 2015. Ekranisasi Sebagai Wahana Adaptasi dari Karya Sastra ke Film”. Jurnal Haluan Sastra dan Budaya FIB UNS.

Kurniawan, Indra .2017. “Ekranisasi, Transformasi, dan Alih Wahana.” Artikel. Padang: Universitas Negeri Padang.

Maghfiroh, dkk .2013. Ekranisasi Cerpen "Jendela Rara" ke Film Rumah Tanpa Jendela: Kajian Psikologi Anak.” Jurnal Publika Budaya Universitas Jember. ISSN: 2338-9923.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nurgiyantoro, Burhan .2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Praharwati dkk. 2017. Ekranisasi Sastra: Apresiasi Penikmat Sastra Alih Wahana. Buletin Al-Turas, Mimbar Sejarah, Sastra, Budaya, dan Agama, ISSN 0853-1692.

Suseno .2017. Filmisasi Karya Sastra Indonesia: Kajian Ekranisasi pada Cerpen dan Film "Tentang Dia", Artikel. Semarang: Program Studi Bahasa Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Semarang.

Woodrich, Christopher A. 2017. Ekranisasi Awal: Bringing Novels to The Silver Screen in The Dutch East Indies. Yogyakarta: UGM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/dj.v8i1.4417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>