Penerapan Metode Pembelajaran Mencari Pasangan dalam Pembelajaran Mmeproduksi Teks Eksplanasi Kompleks pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lemahabang Tahun Pelajaran 2015/2016

Sobihah Rasyad, Juwanda Juwanda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan keaktifan peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran mencari pasangan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks. Dengan rumusan masalah 1) Apakah penggunaan metode pembelajaran mencari pasangan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lemahabang efektif? 2) Bagaimanakah aktivitas siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lemahabang dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan metode pembelajaran mencari pasangan?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimental design. Dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Lemahabang tahun pelajaran 2015/2016 dengan sampel 2 kelas yaitu kelas XI Multimedia 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI Multimedia 2 (kelas kontrol) masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan nontes. Adapun teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan perhitungan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran mencari pasangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen karena menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dari nilai tes awal ke tes akhir setelah menerapkan metode pembelajaran mencari pasangan. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 63,96 dan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 82,8 lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis (t-test) nilai thitung  diketahui sebesar 3,022 sedangkan ttabel sebesar 2,045. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penerapan metode pembelajaran mencari pasangan efektif. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran mencari pasangan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lemahabang tahun pelajaran 2015/2016 efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci:    metode Pembelajaran Mencari Pasangan, memproduksi, dan teks eksplanasi kompleks


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Djuharie, O. S. (2007). Genre. Bandung: Yrama Widya.

Heriawan, A. dkk. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis

Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning-Metode, Teknik, Struktur, dan Model

Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar

Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta:

Kemendikbud.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: PT Refika Aditama.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Mulyadi, Y. (2013). Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Bandung:

Yrama Widya.

Priyatni , E. T. dkk. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. Jakarta: PT

Bumi Aksara.

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum

Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, A. R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya,W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kencana.

Semi, A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, H. G. (1980). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung:

Angkasa

Uno, H. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Wiratno, T. (2009). Kiat Menulis Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainurrahman. (2013). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

www.kompasiana.com/yusmini/karakteristik-pembelajaran-kooperatif.

yustini-arini.blogspot.in/2009/08/model-pembelajaran-kooperatif.html?m=1




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.405

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>